Tekan Angka Kematian Ibu,RSUD Bagas Waras Gelar Tes IVA & SADARI

Panitia dan perawat Tes IVA dan SADARI di RSUD Bagas Waras Klaten
Klaten Mattanews.com -    Sedikitnya 300 peserta KB di wilayah Kabupaten Klaten mengikuti tes IVA dan layanan SADARI yang diselenggarakan di RSUD Bagasras Buntalan Klaten, Jawa Tengah. Gerakan yang bertujuan untuk menumbuhkan masyarakat sadar KB (keluarga berencana) ini juga dimaksud guna upaya diteksi dini terkait kanker leher rahim yang sering menyerang kaum wanita serta diteksi pemeriksaan tumor payudara.

Nuryanti SKm salah satu penyelenggara menjelaskan program tersebut merupakan kerja sama antara Dinas kesehatan Klaten, kantor KB, BPJS dan RSUD Bagas Waras Klaten dalam rangka menyambut hari Kartini. Sehingga peserta tes IVA dan layanan SADARI diikuti seluruh peserta KB dan non KB diwilayah Kabupaten Klaten, dimana setiap kecamatan mengirimkan sedikitnya 10 peserta.
Peserta KB tengah mendapat perawatan Implan
“ Layanan ini guna mendeteksi dini adanya kanker leher rahim pada wanita serta pemeriksaan gejala tumor payudara. Hal ini perlu kita lakukan dalam upaya menekan terjadinya angka kematian ibu. Sehingga jika ada peserta KB atau non KB yang punya gejala penyakit tersebut bisa di diteksi secara dini, sehingga cepa tertangani”, tegas Nuryati yang juga menjabat sebagai Kasi KB&KR kantor KB Klaten.

Kabid penunjang medik RSUD Bagas Waras Veronica Retno S menjelaskan layanan tes IVA dan SADARI merupakan kerja sama antara Dinas kesehtan, kantor KB , BPJS dan RSUD Bagas Waras Klaten. Dalam hal ini RSUD menyediakan tempat serta sarana termasuk tenaga medis serta obat-obatan habis pakai seperti implan KB.

Total tenaga medis yang disediakan dalam program tersebut sekitar 70 tenaga Bidan dan perawat yang diambilkan dari tiap Puskesmas serta RSUD sendiri.”Dalam layanan ini selain memeriksa kemungkinan adanya penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara, kita juga melayani pemeriksaan KB lain seperti pemasangan implan. Dalam hal pembiayaan pasien kita bekerja sama dengan pihak BPJS ”, ujarnya (tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...