Komisi IV DPRD Klaten Segara Panggil Dinas Pendiddikan, Terkait Jam Masuk Sekolah.

Andi Purnomo SH, Ketua Komisi IV DPRD Klaten
Klaten Mattanews.com – Respon postif yang luar biasa terkait rekomendasi Komisi IV DPRD Klaten, Jawa Tengah tentang pengembalian jam sekolah di Klaten menjadi 6 hari, membuat komisi IV segera menindaklanjuti hal tersebut agar segera rampung. Untuk itu Minggu depan Komisi IV DPRD Klaten akan memangil Dinas Pendidikan Klaten guna membahas masalah dunia pendididkan di Klaten, dan mengembalikan jam pelajaran menjadi 6 hari masuk sekolah.

“Selain kajian dan evaluasi yang telah kita lakukan selama ini, respon dan tangapan positif terkait pendidikan di Klaten dari para penggiat pendidikan, guru, orang tua dan murid sungguh diluar dugaan. Untuk itu dalam minggu ini Komisi IV akan segera memangil Dinas Pendidikan guna membahas masalah pendidikan di Klaten, khususnya mengembalikan jam pelajaran siswa dari 5 hari menjadi 6 hari”, demikian ditegaskan Ketua Komisi IV DPRD Klaten Andi Purnomo SH saat ditemui di rumah dinas Bupati Sabtu ( 23/4).

Menurut Andi rekomendasi yang dikeluarkan Komisi yang dipimpinnya merupakan hasil beberapa kali reses para anggotanya serta banyaknya masukan dari berbagai pihak. Mulai dari orang tua murid, guru, penggiat pendidikan dan para siswa. Umumnya mereka keberatan dengan program uji coba 5 hari masuk sekolah karena tidak efektif.

Saat ini lanjut Andi yang terjadi pada para siswa justru penurunan daya pikir anak serta degradasi budi pekerti karena banyaknya hari lubur yang justru digunakan untuk kegiatan negatif. Hal ini bisa dilihat mulai malam Sabtu hingga malam minggu banyak anak usia sekolah yang nongkrong di Mall, terminal, tempat –tempat hiburan hingga larut malam. Terkadang disertai acara mabuk - mabukan dan ikut balapan liar.

“anak anak sekolah sekarang punya 2 malam week end yakni malam Sabtu dan malam Minggu. Mereka menggunakan waktu tersebut dengan kegiatan yang tidak jelas, tanpa ada pengawasan dari orang tua. Bahkan tak sedikit yang menggunakan waktu tersebut untuk kencan mengikuti gaya pergaulan bebas. Untuk itu kami dari Komisi IV yang membidangi pendidikan akan membenahi masalah ini”, tegasnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri II Klaten Dra.Woro Subaningsih MSi beserta beberapa kepala sekolah lain dan penggiat Pendidikan Klaten mendukung sepenuhnya rencana Komisi IV DPRD Klaten mengembalikan waktu sekolah anak menjadi 6 hari. Karena menurut Woro dengan 5 hari masuk sekolah daya serap anak justru menurun dratis. Sementara gurupun tidak mampu bekerja maksimal karena terforsir tenaganya.”Kembalikan waktu belajar anak menjadi 6 hari seperti daerah lain. Karena se wilayah Solo Raya hanya Klaten yang mengetrapkan aturan ini”, tegasnya.(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...