Komisi IV DPRD Klaten Rekomendasikan 6 Hari Masuk Sekolah.

Eko Loket Prasetyo SE.MSi Sekretaris Komisi IV DPRD Klaten
Klaten Mattanews.com – Komisi IV DPRD Klaten merekomendasikan beberapa catatan bagi 7 SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) yang menjadi mitra kerjanya. Salah satu poit penting rokemendasi yang disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Klaten tentang laporan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Klaten ialah mengembalikan sekolah menjadi 6 hari masuk sekolah. Hal ini dinilai sangat penting karena menyangkut mutu pendidikan serta perkembangan moralitas siswa sebagai generasi masa depan.

“Setelah melakukan berbagai kajian dan menerima berbagai laporan serta keluhan dari orang tua siswa, murid, guru serta berbagai pengiat pendidikan, komisi IV DPRD Klaten berkesimpulan agar Bupati Klaten berkenan meninjau ulang pelaksanaan 5 hari masuk sekolah, karena memiliki banyak  kekurangan bahkan justru sangat merugikan siswa”, demikian ditegaskan Sekretaris Komisi IV DPRD Klaten Eko Loket Prasetyo SE.Msi didampingi Andi Kusuma Nugraha SE selaku anggota.

Menurut Eko Prasetyo setahun lebih pelaksanaan 5 hari masuk sekolah, banyak masukan serta laporan di komisi IV yang semuanya mengeluh dan keberatan dengan metode tersebut. Banyak orang tua keberatan karena dengan lima hari kerja kondisi anaknya justru drop karena terlalu jenuh harus masuk sekolah mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 4 sore. Daya serap anak justru lemah karena terlalu capek, sementara beaya akomodasi untuk anak juga berlipat.

Sementara terjadi perubahan perilaku disetiap hari  akhir pekan, dimana mulai malam Sabtu banyak anak remaja atau  usia sekolah mulai tongkrongan dengan berbagai aktivitas yang mengarah pada perilaku negatif. Banyaknya waktu libur justru disalah artikan bagi mereka. Hal inilah salah satu poit penting yang digaris bawahi komisi IV DPRD Klaten untuk merokemendasikan kembalinya 6 hari masuk sekolah di Klaten.  

"Banyaknya hari libur justru digunakan anak sekolah untuk kegiatan tidak baik. Mulai malam Sabtu mereka sudah tampak begerombol diberbagai sudut keramaian atau Mall, melakukan balapan liar bahkan mabuk-mabukan. Jika ini dibiarkan maka budi pekerti dan moralitas generasi muda kita akan hancur. Maka Komisi IV dengan tegas merekomen agar sekolah kembali masuk 6 hari ”, tegasnya.

Sebagai tindak lanjut apa yang disampaikan komisi IV, menurut Eko Loket Prasetyo dalam waktu dekat komisinya akan memanggil Dinas pendidikan guna membahas masalah tersebut. (tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...