Kanoman Karangnongko Pioner Desa Percontohan Keluarga Berencana Klaten.

Muspika Kecamatan Karangnongko di Kanoman
Klaten Mattanews.com – Dukuh Wonolangu Rt16/RW8 Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko Klaten Jawa Tengah terpilih sebagai desa pioner percontohan KB tingkat Kabupaten. Peresmian desa percontohan Keluarga Brencana (KB) dilakukan langsung Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE didampingi Muspida Rabu (13/4) ditandai dengan penekanan sirine serta penandatanganan prasasti. Dukuh Wonoloyo dipilih sebagai desa percontohan karena peserta KB PUS masih rendah.

Camat Karangnongko Joko Supriyanto menjelaskan peserta KB di Kanoman memang dinilai masih sangat rendah. Dari sekitar 2400 jumlah penduduk peserta KB PUS hanya 337 orang. Sementara jumlah PUS di Kanoman saat ini ada dikisaran angka 450. Jumlah PUS yang belum mengikuti KB ada sekitar 113. Sehingga peserta KB di Kanoman baru mencapai 74.09 persen.
Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE bersama Muspida usai resmikan kampung KB
“Kami berharap dengan pencanangan Kanoman sebagai desa percontohan KB, peserta KB diKanoman, khususnya PUS (Pasangan Usia Subur) akan meningkat menjadi 90 persen”, ujarnya.

Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE menekankan, gerakan Keluarga berencana bukan semata mengurus masalah kelahiraan anak. Gerakan KB menurut Bupati merupakan gerakan yang komplek yang menyangkup hampir semua aspek sosial keluarga. Sehingga gerakan ini perlu ditingkakan dan terus disosialisasikan pada masyarakat khsusunya para PUS.

“Gerakan KB saat ini  bukan lagi sekedar mengurus kelahiran bayi. Namun kegiatan sosial yang menyertai seperti program perbaikan gizi, posyandu anak dan lansia, penyuluhan kesehatan, serta kegiatan ketrampilan lainya yang semua bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesehatan keluarga adalah satu mata rantai gerakan Keluarga Berencana yang tak terpisah. Maka gerakan Keluarga Berencana harus mampu menjadi motivator keberhasilan keluarga”, ujar Bupati. (tev)     

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...