Bupati Klaten Hj Sri Hartini Buka Sekolah Sungai. Kembalikan Sungai Seperti Dulu.


Bupati Klaten Hj Sri Hartini saat buka sekolah sungai
KLATEN Mattanews.com
– Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE Jum’at malam (1/3) secara resmi membuka sekolah sungai yang akan berlangsung selama 3 hari. Acara yang digelar di Pendopo Pemda Klaten tersebut dihadiri Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwo Pramono SP.Msi, mewakili Gubernur Jawa Tengah, Prof Suratman Purek III Universitas Gajah Mada, serta sekitar 300 relawan dari 54 komunitas relawan yang ada di Klaten dan PNS.

Dihadapan peserta sekolah Suratman selaku akademisi berharap sekolah sungai menuju gerakan restorasi sungai se Indonesia yang diselenggarakan di Klaten ini mampu melahirkan Srikandi sungai yang bisa menjadi ujung tombak gerakan bersih-bersih sungai di Klaten. “Saya berharap Klaten menjadi pelopor untuk pertama kalinya memiliki kali terbersih se Indonesia”, ujarnya.
Sekolah sungai di Pendopo Pemkab Klaten
Bupati Klaten Hajah Sri Hartini saat ditemui usai acara berharap gerakan sekolah sungai yang diselenggarakan mampu mengembalikan peran dan fungsi sungai seperti semula. Dimana eko sisitim kehidupan disungai dan sekitar bisa tumbuh alami. Misalnya suangai kembali banyak ikannya tanpa harus terganggu dengan adanya pencemaran limbah kimia atau racun. Sementara peran dan fungsi sungai sebagai penyuplai air bagi para petani bisa berfungsi secara maksimal.   

“Saat ini yang kita bisa melihat hampir semua sungai di Klaten mengalami pendangkalan dan penuh sampah. Sehingga tampungan air berkurang dan ikanpun sulit berkembang biak. Dengan program ini saya berharap kecintaan dan kepedulian warga terhadap sungai tumbuh, sehingga sungai di Klaten akan berfungsi kembali seperti semula dan bersih. Dan itu bisa terwujud jika kita semua warga Klaten dan instansi terkait bahu mambahu bekerja sama peduli terhadap sungai”, harapnya.(get/red)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...