Bupati Hajah Sri Hartini SE Resmikan Ponggok Desa Mandiri Dengan Penyerahan Kartu JKN-KIS

Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE serahkan kartu JKN pada warga Ponggok
Klaten Mattanews.com – Bertempat di Balai pertemuan kantor Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten Jawa Tengah, Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE meresmikan desa Ponggok sebagai desa mandiri. Peresmian yang dilakukan Jum’at (29) ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu jaminan kesehatan JKN KIS, Kartu satu rumah satu Sarjana dan jaminan sosial untuk para jompo dan warga miskin.

Dalam sambutannya Bupati mengaku bangga dan berterima kasih pada seluruh jajaran pemerintahan desa Ponggok yang mampu mandiri membiayai semua kegiatan yang ada di pemerintahan desa termasuk membiayai warganya mulai dari sektor pendidikan, sosial dan lainnya.
Bupati Klaten menerima kartu JKN KIS dari Ka BPJS Propinsi dr Aris Jatmiko.MM.AAK
“ Mungkin apa yang dilakukan desa Ponggok ini baru pertama kali ada di Indonesia. Untuk itu saya berharap prestasi yang telah dicapai di Ponggok ini bisa menjadi pilot project dan mampu dicontoh bagi desa lain, tentunya disesuaikan dengan kondisi desa masing-masing”, ujarnya.

Kepala Desa Ponggok H.Junaedi Mulyono SH didampingi Sekdes Yani Septiadi S.Sos, menjelaskan dari jumlah penduduk Ponggok yang berjumlah 2.040, yang telah memiliki JKN sebanyak 1.607 jiwa. Dengan rincian peserta Jamkesmas 436, Jamkesda 56, PBPU kolektif (JKN-KIS) lewat dana desa 115, peserta lain 1000 jiwa dan dalam proses pendataan sebanyak 433 jiwa.
Kepala Desa Ponggok H.Mulyono Junaedi SH bersama warganya
Selain memberi kartu jaminan kesehatan lajut Junaedi desa juga menyerahkan kartu pintar berupa progam satu rumah satau sarjana, dimana setiap mahasiswa diberi uang saku sebesar Rp 300.000/bulan serta kartu jaminan sosial untuk para jompo dan warga kurang beruntung dan yatim piatu sebesar Rp 300/bulan. Sementara saat ini jumlah mahasiswa yang mendapat bantuan ada 47 orang dan warga kurang beruntung dan yatim sebanyak 160 jiwa.

“Kami ingin memberi yang terbaik untuk rakyat. Semua yang kami berikan pada rakyat adalah bagian dari keberhasilan kami mengelola dan menjalankan BMUDES. Dan kita berharap semoga ditahun yang akan datang semua warga Pongok sudah bisa menikmati layanan kesehatan seperti sekarang”, ujarnya.(neo)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...