130 Kursi Sekdes Di Klaten Kosong. Mulai Tahun 2017 Sekdes Bukan PNS.

Kepala Tata Kelola Pemerintaha Kab Klaten Hari Budiyono
Klaten Mattanews.com – Saat ini sekitar 130 jabatan Sekdes (sekretaris Desa) atau Carik di wilayah kabupaten Klaten Jawa Tengah kosong. Kekosongan terjadi karena pejabat yang bersangkutan memasuki masa pensiun. Pengisian sendiri belum bisa dilakukan karena saat ini bagian Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Klaten tengah menggodok dan mengusulkan mekanisme baru pengisian Sekdes, sesuai Permendagri nomor 84 tahun 2015 tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintahan desa.

“Saat ini kami belum bisa melakukan pengisian jabatan yang kosong. Karena sesuai aturan baru Sekdes tidak lagi dijabat oleh PNS melainkan figur yang dipilih. Untuk itu saat ini kami tengah menggodok dan merusmuskan berbagai mekanisme tata cara pemilihan dan landasan hukumnya untuk selanjutnya kita sampaikan pada DPRD. Kita harapakan pembahasan ini selesai akhir tahun ini dan mulai bisa dilaksanakan tahun 2017”, demikian dijelaskan Kepala Tata Kelola Pemerintahan Kabupaten Klaten Heri Budiyono saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (27/4).

Jika Perda baru sudah ditetapkan menurut Hari Sekdes tidak lagi dijabat PNS. Pengangkatan Sekdes murni usulan dari bawah dalam hal ini Kepala Desa,Kepala Desa mengusulkan pada camat untuk dimintakan persetujuan Bupati.”Untuk mekanisme dan tata cara masih kita godog mas. Itu hanya gambaran sepintas. Yang jelas kita ingin sinergitas pemerintahan tumbuh dan dimulai dari bawah”, ujarnya.

Saat ini lanjut Hari di Klaten ada  391 Sekdes. Dari jumlah tersebut 130 memasuki masa pensiun dan kekosongan yanag ada belum terisi. Sementara 260 Sekdes yang masih aktif saat ini, ada yang bersetatus pegawai negeri ada yang tidak.(get)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...