Umat Hindu Padati Candi Prambanan Klaten Hadiri Upacara Tawur Agung

Perayaan Tawur Agung di Candi Prambanan Klaten Jawa Tengah.
KLATEN MATTANEWS.COM – Presiden RI Joko Widodo tidak jadi menghadiri upacara Tawur Agung Sasih Kesangan sehari sebelum Hari Raya Nyepi yang dipusatkan di komplek candi Prambanan Klaten Jawa Tengah. Namun hal tersebut tidak menyurutkan ribuan umat Hindu dari berbagai daerah yang datang pada perayaan tersebut. Pelataran Komplek Candi Prambanan Rabu (8/3) berubah menjadi lautan manusia, dimana para umat Hindu datang dan berkumpul untuk merayakannya.
Menteri Agama Lukman Hakim didampingi Bupati Klaten Hajah Sri Hartini
Hadir dalam acara tersebut Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam Diponegoro serta Bupati Klaten Hajah Sri Hartini.
Ribuan umat Hindu menghadiri acara Tawur Agung
Sebelum acara dimulai sekitar pukul 8.30 tampak  arak-arakkan pembawa tirta suci dari sumber mata air tiba di pelataran Candi. Disusul arak-arakan gunungan yang berisi hasil bumi seperti buah-buahan serta sayur mayur yang diiringi alunan musik tradisional gamelan. Sementara para pandita dan pedande langsung menuju mimbar persembahyangan untuk melantunkan doa serta puji-pujian pada Sang Maha Pencipta.(tim)  

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...