Petani Karangdowo Terima Premi gagal Panen.

Banjir menggenangi sawah jika turun hujan

KLATEN MTTANEWS.COM - Menyusul kegagalan panen musim tanam satu (MT I) di awal tahun 2016, Pemkab Klaten menyalurkan premi asuransi usaha tani padi (AUTP). Total pembayaran premi AUTP melalui PT Jasindo selaku pihak asuransi ini mencapai Rp 170.274.000 untuk membayar premi kepada 25.000 petani dengan total luasan 5.365 hektar sawah di Kabupaten Klaten. Khusus wilayah Karangdowo Jasindo menghitung ada 28,3 hektar sawah yang digarap 87 petani yang tergabung dalam10 kelompok tani dan tersebar di 8 desa.

Kepala Dinas Pertanian Klaten, Wahyu Prasetyo mengingatkan, para petani jangan merasa senang karena meereka yang menerima premi AUTP adalah mereka yang masuk kategori gagal dalam mengelola sawah. “Momen seperti ini kelihatannya menyenangkan, namun jangan sampai terjadi lagi karena ini menunjukkan kita telah gagal,”  ujar Wahyu.

Sementara itu Camat Karangdowo, Agus Suprapto tetap berharap petani di daerahnya bisa panen dan tidak terkena bencana. Tetapi mengingat wilayahnya termasuk sone bencana banjir dirinya menghimbau agar para petani untuk mengikuti program AUTP.

“ Karangdowo selama ini dikenal sebagai daerah angganan banjir. Sehingga setiap datang banjir dimusim hujan banyak petani gagal panen. Untuk itu kita berharap agar para petani mau menjadi anggota AUTP”, ujarnya. (ndi)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...