Komunitas Peduli Klaten Tanam Mrica dan Gayam Di Girpasang Merapi

Suasana di dukuh Girpasang dukuh paling ujung di lereng Merapi
KLATEN MATTANEWS.COM - Sabtu pagi (12/3) masyarakat yang tergabung dalam Komunitas  Peduli Klaten  kembali mengunjungi Dusun Girpasang, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Kedatangan Komunitas yang awalnya terbentuk dari grup sebuah aplikasi telepon seluler tersebut untuk melakukan aksi kepedulian lingkungan dengan menanam pohon gayam dan merica.

Koordinator kegiatan, M. Ansori menjelaskan dipilihnya tanaman gayam karena dikenal sebagai pohon keras yang memiliki daun lebat serta akar kuat sehingga mampu menghasilkan sumber air. Sedangkan pohon merica ditanam di pekarangan rumah warga untuk memberikan nilai tambah bagi warga dusun Girpasang yang terletak di paling atas dan terisolir di wilayah Kabupaten Klaten.

”Penanaman gayam  ini merupakan salah satu kegiatan kita dalam rangka ikut berupaya menyelamatkan air dalam waktu panjang. Sedangkan penanaman merica adalah upaya untuk memberikan nilai tambah bagi sedulur-sedulur di Girpasang,”  ungkap Ansori di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut Ansori menjelaskan dipilihnya lokasi lereng Merapi tidak lain karena merupakan daerah tangkapan air. Sedangkan pengadaan bibit gayam dan merica yang berjumlah kurang lebih 350 batang  merupakan donasi dan sumbangan dari anggota Komunitas Peduli Klaten sendiri. Setelah aksi ketiga tersebut, rencananya Peduli Klaten akan kembali melakukan aksi yang sama di wilayah lereng Merapi.
“Insya Alloh kami akan datang lagi untuk terus ikut berupaya menjaga kelestarian alam khususnya di wilayah tangkapan air di lereng Merapi ini,” pungkas Ansori (andy)


Share on Google Plus

Salam mattanes

5 komentar:

  1. salut utk sdr2 komunitas peduli klaten, kegiatan baksos yg sangat bermanfaat, salam bagas waras..

    ReplyDelete
  2. salut utk sdr2 komunitas peduli klaten, kegiatan baksos yg sangat bermanfaat, salam bagas waras..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari bersama2 merawat, me.jaga dan mencintai tanah, air dan tanah air Klaten

      Delete
    2. Mari bersama2 merawat, me.jaga dan mencintai tanah, air dan tanah air Klaten

      Delete
  3. Lemah Teles (Gusti Allah Sing Mbales).

    ReplyDelete

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...