Klaten Sholat Gerhana Serentak. Bupati Klaten Hajah Sri Hartini Sholat Di Masjid Raya Klaten

Bupati Klaten hajah Sri Hartini usai sholat gerhana
KLATEN MATTANEWS.COM – Bertempat di Masjid Raya Klaten, Jawa Tengah, Bupati Klaten Hajah Sri Hartini melaakukan sholat gerhana matahari total. Dipimpin khotib Mustari yang juga kepala Kantor Departemen Agama Klaten, Ribuan rakyat Klaten memadati masjid untuk berdoa bersama. Tampak mendampingi Bupati kabag Umum Pemda Klaten Amin Mustofa. Selain di masjid Raya, sholat serupa terjadi di hampir setiap Masjid di wilayah Klaten.

Usai sholat kepada wartawan Baupati menjelaskan gerhana matahari total adalah fenomena ilmiah yang terjadi tidak setiap tahun. Dahulu fenomena seperti ini sering ditanggapi dengan hal hal yang kurang masuk akal atau mistis. Hal tersebut wajar karena saat itu memang ilmu pengetahuan belum berkembang seperti saat ini.
Sekitar seribu umat Islam Klaten menunaikan sholat gerhana
Kini masyarakat sudah pintar, cerdas dan ilmiah dalam menyikapi proses tata surya yang terjadi. Sehingga terjadinya gerhana matahari total yang hanya terjadi dalam waktu sekitar 350 tahun sekali ini, tidak ditanggapi dan diartikan lain.”Jaman dulu ketika terjadi gerhana, masih ada istilah matahari atau bulan dipangan butho, langsung kita memukul lesung dan peralatan lain untuk mengusirnya.Tapi sekarang pikiran dan pemahaman seperti itu sudah nyaris hilang. Ini membukikan kita sudah cerdas dan kadar keimanan serta ketaqwaan kita semakin baik dan kuat”, ujarnya.

Terkait dilakukannya sholat gerhana, Bupati menjelaskan semua ini pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya, dimana dulu Beliau pernah memerintahkan umatnya untuk melakukan sholat ketika terjadi gerhana. Hal ini dimaksud sebagai rasa syukur dan menambah iman  taqwa kita kepada Allah akan semua kebesaran yang terjadi di dunia(tev)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...