Ciptakan Keragaman Dan Pahamkan Mereka yang Belum paham.


Menteri Agama Lukman Hakim

KLATEN MATTANEWS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengajak kepada semua umat Hindu untuk mampu menciptakan keragamanan dalam beragama. Menurut dia, agama menduduki posisi penting dalam beragama dan berkebangsaan. Secara konstitusional hal ini juga tercantum dalam undang-undang (UUD 45). 

"Wewujudkan suatu kebangsaan, dengan melalui perayaan Nyepi yang suci dan arif, kita bina keberagaman ini dengan agama dan kepercayaan kita masing masing, sehingga tercipta suatu kerukunan umat sehingga tercipta bangsa yang besar harmonis dan penuh kedamaian," Demikian ditegaskan Lukman Hakim usai mengikuti upacara Tawur Agung di komplek Cadi Prambanan Klaten Jawa Tengah, Selasa(8/3) siang.
Prosesi Tawur Agung di Candi Prambanan Klaten
Lukman menekankan, bahwa setiap hari perayaan harus menampakan kulitas diri, dan bisa menjadi warga negara yang baik.  "Perayaan tahun ini nampak istimewa, dimana rasa saling menghormati antar sesama telah dan harus ditunjukan oleh umat Hindu," ujarnya. 

Sementara Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang salah paham dalam mengimplementasikan keyakinannya. Dan kita sebagai umat yang baik harus bisa memahamkan mereka yang belum paham. Sehingga tercipta suatu pemahaman yang benar dan baik.  
Gubenur Jawa Tengah Ganajar Pranowo
"Masih banyak Saudara kita yang belum paham dengan apa yang diyakininya. Untuk itu kita sebagai manusia yang peduli akan kebaikan ikut memahamkan mereka agar paham dengan apa yang diyakininya dengan benar. Dan wajib peduli terhadap mereka. Mari kita bersatu dalam keragaman Bhenika Tunggal Ika demi terciptanya Indonesia yang damai, aman, nyaman dan harmonis. Karena pada hakekatnya Nyepi ialah mensucikan dan menyeimbangkan”, ujarnya." katanya singkat. (riq).    



Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...