Anggaran Minim Relawan Jadi Penyelamat Sungai di Klaten.

Kondisi sungai yang lube akibat banjir
KLATEN MATTANEWS.COM - Masih tingginya intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Klaten  menjadi ancaman banjir yang bisa terjadi hampir di setiap waktu. Setidaknya 94 Desa di 11 Kecamatan yang rawan banjir. Beberapa Desa yang selama ini menjadi langganan banjir antara lain di Desa Tawangrejo, Wiro, Paseban di Kecamatan Bayat. Kecamatan Cawas meliputi desa Burikan, Pakisan, Barepan dan Kecamatan Gantiwano meliputi desa Kragilan, Mlese dan desa Ngandong. 

Mengantisipasi semua itu puluhan komunitas tanggap bencana yang terdiri dari berbagai elemen relawan hingga saat ini terus melakukan upaya gotog royong secara bertahap. Puluhan komunitas relawan dari berbagai kelompok  bekerja sama bahu membahu membersihkan sungai dan memperbaiki tanggul dengan beaya swadaya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM (PU dan ESDM) Kabupaten Klaten, Pramana Agus Wijanarka menjelaskan keberadaan relawan  sangat membantu dan berarti.  Karena jika hanya mengandalkan anggaran murni yang hanya Rp 150 juta/tahun, tak mungkin pengairan bisa melakukan kegatan normalisasi atau bersih bersih sungai.
Pramana Kabid Sumber daya Air  PU Klaten
“Saya sangat berterima kasih atas kerjasama yang baik serta kepedulian temen-temen relawan dari berbagai kelompok dan komunitas yang dengan semangat tinggi dan tanpa pamrih mau terjun langsung ikut membantu melakukan perbaikan serta bersih bersih sungai dalam upaya meminimalisir bencana banjir di Klaten”, tegasnya.
Sementara itu terkait minimnya anggaran pemeliharan dan normalisasi sungai, pada tahun ini pihaknya telah mengajukan anggaran sebesar Rp 2 milliar yang diharapkan bisa disetujui Dewan di anggaran perubahan nanti. (ndi)
Share on Google Plus

Salam mattanes

2 komentar:

  1. salam tangguh utk seluruh teman2 relawan, semoga senantiasa dilimpahkan kekuatan dan kesehatan, amin.

    ReplyDelete
  2. salam tangguh utk seluruh teman2 relawan, semoga senantiasa dilimpahkan kekuatan dan kesehatan, amin.

    ReplyDelete

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...