Selokan Rusunawa Tebarkan Aroma Busuk. Mampet Tak Berfungsi.

Saluran mampet menimbulkan bau tak sedap
KLATEN MATTANEWS.COM- Pembangunan Rumah Susun Sederhana (Rusunawa) Klaten yang berdiri di Kelurahan Barenglor Kecamatan Klaten Utara memang terlihat asal-asalan. Kebocoran, kerusakan, retakan semakin nampak. Aroma tak sedap dari parit yang tidak mengalir dengan baik semakin mengurangi keindahan dari gedung yang dibangun dengan dana 24,5 Milyar tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut setiap Hari Minggu warga rusunawa giat mengadakan kerja bakti. Ibu-ibu menyapu lantai dan tangga sedangkan untuk bapak-bapak membersihkan selokan yang tidak mengalir dengan baik. Salah satu warga rusunawa yang enggan disebutkan namanya mengatakan, aroma tak sedap muncul dari parit yang mampet.

”Ini paritnya tidak mampu mengalirkan air dengan baik. Harusnya dasar parit dibuat miring, lha ini malah airnya berhenti di tengah. Jadi kalau tidak sering-sering dibersihkan baunya sangat menyengat,” Ungkapnya saat ditemui di sela-sela kerja bakti.

Hal sama diakui warga lain yang merasa terganggu dengan polusi yang disebabkan macetanya saluran air. “ Baunya menyengat membuat kepala pusing dan kita sering mau muntah, perut mual karena bau tak sedap. Namun kita terpaksa bertahan karena jika tidak disini kita mau tidur dimana”, ujar Eko salah satu warga rusun.

Sementara itu pasca tragedi “Rusunawa hujan batu”, warga kembali beraktifitas seperti biasa. Gotong royong tiap minggu,pembinaan kerohanian melalui pengelolaan Tempat Pembelajaran Al-Qur’an (TPA), serta kegiatan rutin ibu ibu PKK. Saat ini penghuni rusun juga menyiapkan lahan untuk menanam pisang dalam rangka pemanfaatan pekarangan rusunawa yang masih menganggur. (Andi)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...