Segera Dibangun Embung Multifungsi Bangkalong Senilai Rp 2,2 Milliar

Salah satu sudut lahan embung dengan latar belakang gunung Merapi
KLATEN MATTANEWS.COM – Sebuah proyek cukup prestesius akan dibangun di wilayah Desa Solodiran, Kecamatan Manisrenggo Klaten Jawa Tengah. Pemerintah Desa (Pemdes) Solodiran akan segera membangun embung diatas tanah seluas 2 hektar yang berfungsi sebagai penampung air sekalaigus obyek wisata alam.  Proyek yang saat ini pembangunannya sudah mencapai 30 persen, dibeayai dari dana Desa senilai Rp 2,2 milliar.

Kepala Desa Solodiran,  Ariyanta Sigit Suwanta menjelaskan pembangunan wahana yang lain seperti embung bangkalong dan wahana outbond saat ini mencapai 30 persen dari perencanaan. Sekarang pembangunan sudah dimulai dari pembuatan talud embung disisi timur. Diharapkan dengan dibangunnya embung tersebut kedepan akan menjadikan desa Solodiran sebagai daerah wisata.

"Di embung bangkalong terdapat petilasan Pangeran Diponegoro sehingga dapat menjadi bagian dari wisata religi. Kami juga akan membangun museum desa yang isinya menceritakan kehidupan masyarakat Solodiran dengan tembakaunya. Di Desa Solodiran banyak ditemukan batu-batu lepasan candi. Batu-batu ini akan menjadi isi museum desa," katanya kepada wartawan, sabtu (6/2) pagi.

Untuk mendukung wisata desa, kata dia, potensi kesenian masing-masing RW juga akan ditampilkan di tiga titik yakni dikawasan budaya Dukuh Tegalcorocanan, ada juga  menampilkan potensi produk-produk unggulan, dan dilokasi wahana embung bangkalong.

"Dilokasi wahana embung, kami akan membangun stand-stand. Apapun kegiatan masyarakat akan ditampilkan di situ," ujarnya. Ditambahkan anggaran untuk perealisasian wisata Desa Solodiran sebesar Rp 2,2 milyar. Jumlah tersebut dialokasikan dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa, dan swadaya masyarakat.

"Harapan kami, dengan adanya wisata desa ini bisa meningkatkan, perekonomian masyarakat sekitar sehingga mampu berkembang seperti desa wisata lainnya. Disamping itu  ketersediaan akan air bagi warga juga terpenuhi", tungkasnya(ono). 
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...