Kodim Klaten akan Buka Lahan sawah baru Seluas 5 Hektar.

Panen raya 21 hektar di Polanhardjo
KLATEN MATTANEWS.COM - Jajaran Kodim 0723 bersama Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Selasa(23/2) pagi gelar panen raya padi di lahan seluas  104 hektare   di Desa Borongan, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Kepala Dinas Pertanian Klaten, Wahyu Prasetyo, mengatakan  lahan seluas 104 hektare tersebut hanya 21 hektare yang siap di panen.

Cara rubah tanam menurut Wahyu bisa mengantisipasi hama wereng maupun hama tikus. Sehingga kejadian tahun 2009 silam tidak terulang lagi. Dimana saat itu  dimana hama tikus pada tahun itu menyerang tanaman padi, karena petani tidak mau merubah pola tanam.

“ Rubah tanam adalah cara terbaik untuk memutus mata rantai hama. Jika cara ini diterapkan petani maka angka gagal panen yang diakibatkan serangan hama bisa diminimalisir sekecil mungkin”, tegasnya.

Sementara, Komandan Kodim 0723/Klaten Letnan Kolonel Inf Bayu Jagat  menegaskan akan membangun lahan pertanian modern di lahan seluas 5 hektare di lokasi pertanian Koramil Kecamatan Karanganom, Klaten. Selain membuat pertanian modern, kami juga akan mengembangkan pupuk organik. Dan pupuk organik itu nantinya bisa dijual kepada para petani dengan harga yang murah.

Pertanian modern dan pupuk organik tersebut akan melibatkan Bintara Pembina Desa  (Babinsa) di Klaten. Sehingga dengan adanya pupuk organik petani akan terbantu dalam hal kesulitan pupuk”, ujarnya.(ono/red) 


Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...