Kepala PP dan KB Klaten: Partisipasi KB Baru 70 Persen

MATTANEWS.COM-Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Klaten hari ini meresmikan balai penyuluhan KB di Kecamatan Kebonarum. Hingga saat ini  Kantor PP dan KB Klaten baru memiliki 15 balai penyuluhan dari 26 kecamatan di Klaten. Diharapkan kantor ini nantinya dapat digunakan sebagai tempat koordinasi, penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti program KB.

 “Saya berharap nantinya balai ini dapat dioptimalkan penggunaannya sebagai tempat kegiatan para kader dan penyuluh KB. Karena hingga saat ini minat KB di Klaten masih minim, sehingga perlu peran serta semua elemen yang ada guna mensukseskan program pemerintah ini” demikian ditegaskan Siti Aisyah Agustin Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana (PP dan KB) Klaten diruang kerjanya  Kamis (4/2) siang.

Saat ini lanjut Siti, berdasarkan pendataan 2015,  jumlah pasangan usia subur di Klaten 200.346 jiwa, sedangkan angka partisipasi KB dari jumlah tersebut baru tercapai 70%. Jumlah dan prosentase yang masih minim inilah yang harus digenjot dengan berbagai cara, salah satunya melakukan koordinasi, penyuluhan serta pelatihan pada tenaga medis, dan masyarakat, khususnya pasangan usia subur di Klaten.

Kepala Balai Penyuluh KB Kecamatan Kebonarum  Krisentiana Harjani mengaku optimis dengan adanya balai penyuluhan  di Kebonarum. Hal ini bisa menekan jumlah kelahiran diwilayahnya.Angka partisipasi KB di Kebonarum saat ini sudah mencapai 2677 dari jumlah 6017 pasangan usia subur.
“Ribuan pasangan usia subur di Kecamatan Kebonarum  yang belum mengikuti program KB sebagian besar dikarenakan mereka ingin segera memiliki anak, mereka saat ini baru hamil dan mereka tidak menunda kelahiran,” tandasnya. (ono)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...