Gara-gara Dengkeng Jebol, 6 SD Negeri di Klaten Sempat Diliburkan.

Salah satu SDN di cawas yang terpaksa siswanya diliburkan
KLATEN MATTANEWS.COM -Hujan deras yang menguyur Klaten selama tiga hari ini terakhir kemarin,  ternyata tidak hanya mengenagi  persawahan dan perkampungan penduduk. Banyaknya tanggul sungai yang jebol membuat beberapa sekolah kebanjiran dan terpaksa meliburkan siswanya dari kegiatan belajar megajar di sekolahan.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dispendik) Klaten Bambang Teguh mengatakan, saat ini ada enam sekolah dasar (SD) di Kecamatan Trucuk yang terendam banjir, diantaranya, SDN 3 Dagen tinggi air mencapai 80 cm, SDN 1 Sajen tinggi air 50 cm,  SDN 1 Gaden setinggi 10 cm, SDN 1 Planggu tinggi air mencapai 30 cm, TK Pajar Planggu dan TK Pajar Gaden 15 cm hingga 90 cm.  Sedangkan di Kecamatan Cawas ada satu sekolahan yang terkena genangan yaitu, SDN 1 Bawak.  

Karena kondisi yang tidak memungkinkan maka Dinas telah berkoordinasi dengan pihak UPTD pendidikan setempat untuk mengambil langkah yang bijak dan tepat. Salah satunya menyarakan pada siswa didik untu melakukan kegiatan belajar dirumah dan bagi para guru dan staf dibantu warga melakukan goyong royong membersihkan sekolah dari sisa banjir.
Salah satu tanggul jebol dari sekian tanggul sungai dengkeng yang hancur
Saat ini proses pembersihan masih dilakukan. Bagi sekolah yang benar benar parah siswa masih belajar dirumah. Namun bagi sekolah yang kondisinya tidak parah proses belajar mengajar disekaolah telah berjalan normal sepeti semula.” jelasnya saat ditemui diruang kerjanya, Kamis(4/2/).

Terkait masalah banjir Bambang meminta agar sekolah yang mengalami kerusakan parah agar segera  menginventarisir aset dan barang-barang yang rusak. “Kalau ada sekolahan yang rusak nantinya dicarikan bantuan, tapi kalau hanya rusak ringan diambilkan dari dana bos,” ujarnya.

Banjir yang mengenangi sejumlah sekolah di Klaten pada dasarnya banjir langganan yang hampir terjadi setiap tahun.Sementara sekolah yang terkena banjir karena terletak di tepi sungai dengan posisi lebih rendah dari sungai. (red/ono)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...