Dengkeng Dikeruk BBWSBS Kerahkan 1 Bego Atasi Sedimentasi

Bego tengah melakukan pengerukan dan penguatan tanggul sungai Dengkeng
KLATEN MATTANEWS.COM -Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengerahkan satu eskavator untuk melakukan normalisasi dan mengatasi sedimentasi di Sungai Dengkeng wilayah Ngandong, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Senin(1/2) siang. Normalisasi sungai tersebut dimulai sejak, Sabtu(30/1) pagi.

Tokoh masyarakat Desa Ngandong, Tugino (52) mengatakan tanggul sungai yang longsor sekitar tiga pekan lalu membuat jalan yang ada di tanggul sungai tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Selain itu, para pelajar juga harus ekstra hati-hati saat melintas ditempat itu, lantaran tanggul sungai mengalami longsor.

Menurut Tugino selama tanggul sungai dengkeng menjadi jalan utama bagi warga yang ingin pergi melakukan aktivitasnya. Terutama para pekerja dan anak anak sekolah. "Banyak pengguna jalan terutama para pelajar yang lewat jalan ini untuk menuju sekolah," ungkapnya.
Kabid SDA DPU dan ESDM Kab Klaten Pramana Agus W
Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPU dan ESDM Klaten Pramana Agus Wijanarka mengatakan, ada sekitar 40 titik tanggul sungai yang mengalami kerusakan di sepanjang aliran Sungai Dengkeng. Normalisasi dan penguatan tanggul sungai yang longsor dilakukan oleh BBWSBS dengan mengeraahkan sebuah eskaavator.

Normalisasi dikerjakan selma 15 hari dilanjutkan dengan proses penguatan tanggul selama satu bulan. "Untuk penguatan tanggul sungai disiapkan beronjong kawat sepanjang 40 meter dengan ketinggian 5 meter. Selain itu eskavator juga mengalihkan aliran air menuju ke tengah di lokasi pemasangan beronjong kawat itu," katanya.(ono/red)


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...