Dengkeng Ancam Warga Wiro. Stok Karung Habis.

Gotong royong perbaiki tanggul sungai Dengkeng.
KLATEN MATTANEWS.COM - Dengan dibantu puluhan relawan dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI masyarakat Desa Wiro, Kecamatan Bayat, Klaten secara bergotong-royong memperbaiki tanggul Sungai Dengkeng yang berada di wilayahnya. Warga mengaku resah dengan ancaman banjir jika sewaktu waktu turun hujan, sementara stok karung guna membuat tanggul darurat habis.

Kepala Desa Wiro, Agus Riyadi mengatakan wilayah desa nya berada dipertemuan antara dua sungai besar yaitu Sungai Kuning dan Sungai Dengkeng. Akibat tergerus air, tanggul sungai di desa tersebut longsor sepanjang 10 meter. Sementara perbaikan hanya dilakukan dengan peralatan seadanya, apalagi stok karung untuk diisi pasir habis.

"Untuk menanggulangi agar tanggul sungai tidak jebol, kami bersama warga, relawan, TNI mengadakan perbaikan tanggul,  menggunakan karung yang diisi tanah, serta bambu dan peralatan seadanya. Sementara stok karung kami habis " ujar Agus pada wartawan, Rabu (17/2).
Air sungai meluap memasuki perkampungan warga
Dijelaskan untuk memperbaiki tanggul dibutuhkan sekitar 900 karung berisi tanah/pasir untuk tanggul sepanjang 10 meter dengan ketinggian 5 meter. Sementara persediaan karung sudah habis. Jika tidak segera ditangani, maka diprediksi akan terjadi longsor atau jebol, jika datang banjir susulan."Kalau jebol, air dari sungai akan masuk ke pemukiman warga di 7 RW dengan jumlah 2500 jiwa. Bahkan dapat merendam 60 hektar lahan persawahan yang saat ini ditanami padi dan sudah berumur 65 hari,"tegasnya.

Saat ini lanjut Agus pihaknya dibantu unsur terkait telah melakukan pemetaan terhadap tanggul kritis yang sewaktu waktu bisa jebol jika datang banjir. Sedikitnya ada lima titik tanggul kritis di wilayah Desa Wiro.  Tiga titik di Sungai Dengkeng dan dua titik di Sungai Kuning. Untuk mengantisipasi hal tersebut saat ini desanya membutuhkan sedikitnya 5000 saak karung guna diisi pasir/tanah, yang sewaktu waktu bisa digunakan.(ono). 

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...