Warga Bondalem Kidul Prambanan Ikuti Pelatihan Batik Motif Sojiwan.

Ibu-ibu warga Kebondalem Kidul Prambanan berlatih membantik
KLATEN MATTANEWS.COM-Untuk meningkatkan ekonomi desa, warga Desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten mengadakan pelatihan membatik di Balai Desa Kebondalem Kidul.  Walau baru pertama kali dilakukan, namun pelatihan yang dilakukan bekerja sama dengan pemerintah desa  cukup diminati warga setempat. Hal itu isa terlihat dengan animo warga yang begitu tinggi dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Salah seorang peserta batik warga setempat, Sri Muntini(50) mengaku baru kali pertama ikut pelatihan membatik. Meskipun demikian, kata dia, akan terus berlatih menghias kain itu.   Membatik juga membutuhkan ketelitihan dan kesabaran.  "Kali pertama membatik. Mbleber (luber-red) kemana-mana malamnya.Tangan saya gemetar saat  pegang canting," katanya, Rabu(20/1) pagi.  

Sementara itu, Koordinator Pelatihan Batik Titik Partinah menjelaskan kegiatan membatik dipersiapkan untuk menghadap lomba desa binaan pada September mendatang. Pesertanya adalah para pemula dan baru pertama kali membatik.

"Batik Kebondalem Kidul mempunyai ciri khas karena motifnya diambil dari relief-relief Candi Sojiwan yang berupa cerita fabel. Untuk ibu-ibu PKK kali ini kami tekankan untuk belajar membatik dengan motif klasik dan modern," jelasnya.

Batik yang sudah jadi akan ditampung dan dipasarkan. Pelatihan ini akan dilakukan rutin seminggu sekali. Dengan membatik diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. "Harga kain batik bervariasi mulai ratusan hingga jutaan tergantung dari kerumitan motif dan proses pengerjaannya. Untuk motif yang rumit bisa memakan waktu hingga sebulan," papar Titik.  (ono).

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...