Klaten Kekurangan Tenaga PPL. Satu Petugas Ampu 2-3 Desa.

Petani di Klaten tengah menyemprot hama
KLATEN MATTANEWS.COM -  Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten masih kekurangan petugas penyuluh lapangan (PPL) Pertanian yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat ini di Klaten hanya ada 71 PPL berstatus  PNS dan 126 TBPP bersetatus THL (Tenaga Harian Lepas). Kondisi ini masih sangat kurang jika dibanding dengan luas lahan dan daerah yang harus dibina.

Hal itu disampaikan Kepala Dispertan Klaten, Wahyu Prasetyo diruang kerjanya. Menurut Wahyu  Idealnya jumlah PPL PNS di satu kabupaten berjumlah 300 orang. Sehingga satu petugas minimal bisa mengampu 1 desa. Sementara yang terjadi di Klaten saat ini satu petugas PPL harus mengampu 2 hingga 3 desa.

“ Idealnya petugas PPL di Klaten sekitar 300 orang sehingga stiap desa dengan jumlah petani relatif banyak dapat diampu oleh satu petugas PPL”, demikian ditegaskan Wahyu kepada wartawan, Rabu (20/1).

Ia menjelaskan jumlah PPL PNS yang ada di Dispertan Klaten jauh dari kebutuhan ideal. Karena idealnya, satu PPL mengampu satu desa. "Namun saat ini, satu PPL bisa mengampu dua desa dibantu penyuluh berstatus THL TBPP," katanya. 

Kendati demikian, kata Wahyu, kekurangan PPL PNS itu terbantu adanya THL TBPP. Di sisi lain, juga terbantu adanya personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI yang ikut melakukan pendampingan untuk peningkatan produktifitas pertanian di wilayah Kabupaten Klaten. (ono).

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...