Gubernur Jateng Ganjar Gembleng Jiwa Nasionalis Ratusan Pelajar Klaten

Ganjar menjawab pertanyaan salah satu pelajar
KLATEN MATTANEWS.COM - Ratusan pelajar, mahasiswa, dan pemuda Klaten mengikuti sosialisasi kerujunan antar umat beragama yang di selenggarakan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Klaten Di pendopo Pemda, Rabu (13/01). Bersama Gubernur Jawa Tenggah Ganjar Pranowo.

Menurut Ketua FKUB Klaten Drs H Syamsudim Asyrofi MM, Kerukunan antar umat beragama perlu di tanamkan sejak dini, karena Pelajar, Mahasiswa dan pemuda merupakan ujung tombak negeri sehingga menjaga kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama akan menjadi tanggung jawab mereka di masa depan."Kita tetap dukung dan berikan dorongan pelajar, pemuda dan mahasiswa bisa memahami semangat pluralis keberagamaan ini dengan baik," jelas Syamsudin Asyrofi.

Sementara itu Gubernur Jawa Tenggah Ganjar Pranowo menjelaskan, era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), tak melihat sisi agama, akan tetapi bagaimana masyarakat bisa berkiprah dengan membuktikan diri dengan prestasi dalam bekerja. Kemajuan sebuah negara, jelasnya, kadangkala tetap berperan dan soal politik seringkali bisa merusak tatanan keberagamaan yang ada. Dan Ganjar Pranowo mengajak pemuda, pelajar dan mahasiswa Klaten untuk meneguhkan semangat kebersamaan dalam beragama.

"Seperti perayaan maulid Nabi dan Natalan tahun 2015 yang hampir bersamaan, dan salah satu kegiatan ini ada kerjasama yang baik yang dilakukan umat Kristiani dengan menjadi panitia dalam mensukseskan perayaan maulid nabi di Semarang," jelas Ganjar Pranowo.

Provinsi Jateng ini, jelasnya, mempunyai budaya yang luar biasa, tradisi budaya adiluhung, jika ada masalah bisa dirembug dengan baik. Masyarakat juga tidak cakar-cakaran dan semua melestarikan tradisi musyawarah.
Jiwa Nasionalis perlu ditanamkan sejak dini
"Rasah cakar-cakaran, ono rembug yo dirembug, semua duduk bersama, piye apike, ini kan budaya yang luar biasa. Kalau kita bicara budaya, yang dibangun itu kearifan, toleransi dan saling menghargai," ujar Ganjar Pranowo.

Sementara Penjabat Bupati Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengajak warga masyarakat, khususnya pelajar, pemuda dan mahasiswa di Klaten ini selalu diarahkan untuk menghidupkan semangat toleransi umat beragama.(hil/ono)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...