Gligir Pasang Dukuh Di Kaki Merapi Nikmati Listrik Setelah 50 Tahun Menunggu.

Salaah satu rumah penduduk lereng Merapi
KLATEN
MATTANEWS.COM - Warga Dukuh Gligir Pasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten merasa lega setelah terpasangnya jaringan listrik. Dalam proyek tersebut dana yang dikeluarkan mencapai Rp 360.000.000  berasal dari dana APBD. "Jaringan listrik yang  telah dibangun di Gligir Pasang, Desa Tegalmulyo, Kemalang tersebut mampu menerangi 9 rumah yang dihuni 13 KK,ungkap Farlinawati, Kepala Seksi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) DPU Klaten, Senin(11/1).

Setelah membangun jaringan listrik di Gligir Pasang, pihaknya akan mengembangkan pemasangan jaringan listrik pada daerah lain, terutama daerah Lereng Merapi di Kecamatan Kemalang. Pasalnya, masih banyak warga yang terisolasi, seperti di Desa Balerante, Kemalang, Klaten.
Gir Pasang dukuh penuh misteri
Sementara itu,  Kepala Bidang ESDM DPU Klaten, Widoyo mengatakan pihaknya sudah melaporkan terkait adanya warga yang belum memiliki jaringan listrik. "Dengan laporan tersebut diharapkan segera ada tindak lanjut dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," tandasnya.

Gligir pasang adalah sebuah pedukuhan terpencil yang terletak paling ujung wilayah Klaten. Dukuh yang hanya diisi oleh 9 KK ini masuk dalam wilayah desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Tidak mudah untuk menuju lokasi ini, karena hanya ada jalan setapak, kita harus menyusuri jurang dan hutan yang lebat dan terjal. Konon di dukuh ini jumlah penghuninya dibatasi. Dukuh ini penuh misteri karena berada persis dibawah gunung Bibi, sebuah anak gunung Merapi yang dipercaya sebagai pelindung warga Klaten jika Merapi murka. (ono).


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...