Durian Rendah Kolesterol Karangnongko Diburu Penggemar.

Durian Karagnongko terkenal lezatntya
KLATEN MATTANEWS.COM -  Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Klaten akhir-akhir ini mampu menarik para pecinta buah durian, pasalnya  setiap hari selama musim durian banyak kedatangan orang dari lurah daerah, seperti Solo, Boyolali, dan Jogjakarta.  Beragam jenis durian dihasilkan di desa tersebut mulai dari durian montong, montong lokal, mertega, dan durian oranye.

Dari sekian buah durian yang paling diminati  oleh para pengemar durian tersebut yakni, durian oranye. Petani durian setempat,  Sunarni(58) menjelaskan, durian oranye dikenal sebagai jenis durian yang rendah kolesterol sehingga banyak dicari oleh pecinta durian yang memiliki penyakit asam urat, kolesterol, dan darah tinggi.

“Sebagian besar warga Kanoman merupakan petani durian. Umumnya mereka menanam dari pongge-nya (biji-red). Durian yang paling banyak diminati adalah durian mertega karena tidak ada rasa pahitnya,” terangnya, Kamis(7/1).

Kata Sunarni, dalam sehari bisa terjual 150 hingga 200 durian.  "Ketika musim liburan bisa terjual hingga 500 buah perhari. Sabtu dan Minggu menjadi hari paling ramai pembeli durian," ujarnya.
Sementara salah seorang pembeli durian asal Desa Nanggulan, Cawas, Klaten, Neni (30) mengaku lebih suka membeli durian langsung ke petani.

 “Beli langsunng ke petani harganya lebih miring (murah-red),  selainitu  dapat memilih lebih leluasa jenis durian yang diinginkan. (ono).



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...