Direktur PDAM Klaten Irawan Margono SH: Tidak Ada Kenaikan Tarif PDAM

Direktur Utama PDAM Klaten Irawan margono SH beserta Direksi dan staf
KLATEN MATTANEWS.com – PDAM Klaten saat ini tidak menaikkan tarif  pembayaran pada pelanggan rumah tangga. Yang dilakukan PDAM Klaten ialah penyesuaian penggolongaan tarif rumah tangga, berdasarkan pada pemutakiran data berdasarkan pada perubahan atau perkembangan bangunan rumah baik bentuk, luasan atau fungsi bangunan. Klarifikasi ini perlu dilakukan guna memenuhi rasa keadilan dan tepat sasaran.

Penegasan ini disampaikan Direktur Utama PDAM Klaten Irawan Margono SH, didampingi seluruh Direksi dihadapan sejumlah wartawan Kamis (7/1) guna meluruskan adanya berita simpang siur dan issu adanya kenaikan tarif PDAM yang bisa meresahkan pelanggan. Menurut Irawan yang dilakukan PDAM saat ini ialah melakukan penyesuaian golongan tarif rumah tangga sesuai peraturan Bupati Klaten nomor 539/29/2014.    

“Kami tidak melakukan kenaikan tarif bagi pelanggan. Yang kami lakukan ialah penyesuaian tarif sesuai dengan golongan rumah tangga. Hal ini dilakukan demi menuhi rasa keadilan dan tepat sasaran tidak menimbulkan kecemburuan. Jangan sampai golongan rumah tangga 1 dikenai tarif golongan rumah tangga 3 daan sebaliknya. Penilaian ini berdasarkan validasi data akhir terhadap perubahan dan perkembangan rumah pelanggan terakhir”, tegas Irawan.
Irawan Margono SH
Dijelaskan lebih lanjut klarifikasi golongan tarif pelanggan ini sendiri baru sekali dilakukan PDAM sejak PDAM berdiri tahun 1977. Sehingga penyesuaian tarif rumah tangga berdasarkan validasi data terakhir terhadap kondisi rumah pelanggan memang sudah selayaknya dilakukan. Dan karena kebijakan ini ada pelanggan yang mengalami perubahan tarif langganan namun bukan kenaikan tarif. Ada yang naik dan ada juga yang turun.

Misalnya pelangga golongan R2 menjadi R1 turun menjadi 269 SR. Pelanggan R2 sebanyak 18.392 tetap sedang pelanggan katagori R2 naik menjadi R3 sebanyak 7.421 SR. Sedang tarif dasar penggunaan air masih tetap menggunakan harga lama yakni R1 Rp 1.100/m3, R2 Rp 1550/m3 dan R3 Rp 2.350/m3. Harga dan tarif PDAM masih tergolong paling murah dibanding PDAM se Jawa Tengah.

Sementara untuk pemakaian standar juga tidak mengalami perubahan yakni golongan R1 Rp 20.000/bulan dengan penggunan 0 hingga 10 M3. R2 Rp 24.500/bulan dengan pemakaian sama dan R3 Rp 32.500/bulan juga dengan pemakaian sama. Dengan demikian tidak ada kenaikan tarif dan perubahan tarif. Yang ada penyesuaian tarif sesuai penggolongan rumah tangga pelanggan sesuai data terakhir yang ada.(get)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...