Dinsosnakertrans Klaten Ajukan Dana KOBE ke Mensos.

Sri Pujiastuti Kasi Rebsol Dinsosnakertrans Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten pada tahun ini (2016) belum mengajukan permohonan bantuan dana KUBE (kelompok usaha bersama) ke Kementerian Sosial RI. Kasi Rehabilitasi Sosial Klaten, Sri Pujiastuti mengatakan, pada 2015 di Klaten ada 75 KUBE yang mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Sosial RI. Masing-masing KUBE mendapat bantuan sebesar Rp 20 juta. Jumlah penerima KUBE ini sesuai dengan kuota yang ditawarkan dari Kemensos.

“Setiap KUBE terdiri dari 10 anggota. Jumlah penerima KUBE tergantung dari kelompok yang mengajukan. Pada  2014 silam, Klaten tidak mendapat bantuan dana untuk KUBE karena tidak ada pengajuan dari kelompok,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/1). Sementara untuk ajuan nanti ada sekitar 75 KUBE yang mendapat kucuran dana bantuan dari Kemensos di Klaten didominasi dari  KUBE ternak kambing, kerajinan keramik, KUBE tenun yang menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) dan KUBE jamur.

 “Setiap tahun jenisnya berbeda-beda. Bagi yang sudah pernah mendapatkan mereka tidak bisa mengajukan ditahun berikutnya. Ya, rekening dipegang ketua KUBE masing-masing.  Pendamping tidak boleh memegang rekening. Dan uang Rp 20 juta tersebut diterima oleh ketua sama bendahara KUBE. Pendamping kecamatan hanya mendampingi saja,” terang dia.  

 Lebih lanjut dia mengatakan, bantuan untuk KUBE dari Kemensos merupakan bantuan sosial bersyarat sehingga setiap KUBE penerima juga harus melaporkan hasil kerjanya dalam wujud SPJ (Surat Pertanggungjawaban).

“Harapan kami, bantuan KUBE meningkat jumlahnya dan dapat dimanfaatkan oleh KUBE dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial. Sekitar Maret/April nanti akan ada pengawasan dan monitoring langsung dari Pusat,” jelasnya. (ono).

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...