Candirejo Perangi Kemiskinan Dengan Angkringan.

13 gerobak angkringan siap dibagikan warga.
KLATEN MATTANEWS.COM -  Untuk mengurangi angka kemiskinan di wilayahnya yang masuk dalam kategori zona merah ( kemiskinan)  Pemerintah Desa (Pemdes) Candirejo, Kecamatan Ngawen, Klaten menyerahkan 13 angkringan (gerobak) di 13 rukun warga (RW) di desanya.  

Kepala Desa Candirejo Muryanto Darmo Suwito  mengatakan sasaran program angkringan tersebut untuk 13 warga di seluruh desa Candirejo yang dibiayai dari Alokasi Dana Desa (ADD). Program angkringan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga.
Ya, nantinya angkringan tersebut untuk menjual komoditi di wilayah masing-masing. Setiap rukun warga (RW) harus setor  makanan khas dari masing-masing wilayahnya,” ungkapnya, Kamis (21/1) pagi.

Menurut Muryanto, program angkringan ini merupakan langkah positif untuk mengurangi jumlah warga miskin. Selain itu juga dapat menampung berbagai potensi kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM). 
Bupati Klaten terpilih Hj Sri Hartini nggak sukan jajan di warung HIK.
Setalah angkringan, kami akan menganggarkan  pembangunan gedung sebesar  Rp 3 milyar dari  anggaran pemerintah desa,  pemerintah kabupaten (Pemkab), pihak ketiga dan dari pemerintah pusat. Diharapkan, Desa Candirejo yang dicap sebagai zona merah kemiskinan dapat menjadi desa percontohan dalam hal  perekonomian," kata dia.

Sementara itu terpisah Bupati Klaten terpilih Hajah Sri Hartini menegaskan amagkringan atau lebih dikenal dengan sebutaan warung HIK, sebuah komiditi kuliner Klaten yang kini telah menjadi ikon kota Klaten. Sehingga lanjut Hajah Sri Hartini kuliner angkringan perlu dikembangkan dan dilestarikan karena dapat dijadikan komoditi wisata kulier Klaten.

"Saya mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan pemerintah desa Candirejo, Harapan kita semoga pola seperti ini bisa dicontoh dan dikembangkan didaerah lain", ujarnya saat bincang-bincang dengan MATTANEWS dikediamannya Teloyo, Wonosari Klaten.  (ono).


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...