Antisipasi Banjir Sungai Soko Dikeruk.

Pengerukan sungai Soko dengan alat berat.
KLATEN
MATTANEWS.COM -Sebanyak 144 KK di dua dukuh yakni  Dukuh Sukorejo dan Dukuh Gentungan, Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen, Klaten harus siap menghadapi terjangan banjir saat musim penghujan tiba. Pasalnya, dua dukuh tersebut berada di bantaran Kali Soko yang berhulu dari Merapi.Pada akhir 2015 lalu, warga di kedua dukuh tersebut harus merasakan terjangan banjir yang masuk ke pemukiman hingga setinggi 80 cm.
Saat air meluap
Kepala Desa Candirejo Muryanto Darmo Suwito mengatakan banjir di wilayah tersebut terjadi lantaran dampak dari penyempitan sungai sehingga menyebabkan air meluap ke pemukiman warga.
“Awalnya, Kali Soko memiliki lebar 20 m namun saat ini lebar sungai tak lebih dari 6 m. Banyak pohon bambu yang tumbuh di pinggir kali dan ada sejumlah warga yang mendirikan bangunan di pinggir sungai tersebut, sehingga mengakibatkan sungai menyempit,” jelasnya, Kamis(14/1).

Dijelaskan dia, faktor lain penyebab banjir juga karena warga yang berada di hulu sungai membuang sampah atau berupa bambu dan batang pohon kelapa sehingga menghalangi laju aliran air.  "Beberapa tahun yang lalu pernah terjadi banjir, namun tidak meluap ke pemukiman warga. Katanya. (ono).




Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...