Angka Kemiskinan Tinggi, Ratusan Rumah Di Ngawen Terancam Roboh.

Salah satu kondisi rumah di desa Ngawen Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Kepala Desa Candirejo , Kecamatan Ngawen, Klaten, Muryanto Darmo Suwito mengatakan desanya terdapat 13 RW dan 31 RT, dengan jumlah penduduk sebanyak 5200 jiwa, dan 1500 KK.  Dari jumlah tersebut, angka kemiskinan hingga saat ini mencapai 630 KK. Yang terpihak hanya 420 KK dan yang belum terpihaki sebanyak 210 KK. Pihak desa sudah mengajukan anggaran untuk warganya di Pemkab Klaten, namun sampai saat ini belum terealisasi.  

“ Kita sudah mengajukan anggaran untuk keperluan tersebut namun hingga kini belum ada tanggapan dari pemerintah. Bisa dikatakan Desa Candirejo ini masuk dalam zona merah, sebab, angka kemiskinan tergolong tinggi dibanding desa lainnya,” Demikian ditegaskan kepala Desa Ngawen Muryanto Darmo Suwito.

Saat ini lanjut Muryanto, dari 1500 KK, hanya ada 715 rumah yang layak huni. Sementara 130 rumah hampir roboh. Dari angka tersebut, pada 2014, pernah mendapat bantuan dari Provinsi Jawa Tengah berupa pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 rumah, namun jumlah itu belum bisa mencukupi. 

Muryanto mengawatirkan pada musim hujan nanti banyak rumah roboh atau  ambruk lantaran tidak kuat menahan anggin kencang atau air hujan. “Selama 2015 ini sudah ada 4 rumah milik warga yang roboh. Saya khawatir musim hujan tahun ini akan banyak rumah yang roboh karena saat ini lebih dari seratus rumah di Ngawen kondisinya memprihatinkan dan tidak layak huni," tandasnya. (ono).



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...