Akibat Diterjang Banjir. Jalan Karanganom - Ceper Ambles. Kendaraan Berat Dilarang Lewat.

Goa dan saluran air yang berada dibawah jalan DPU Karanganom Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Hujan deras yang mengguyur Klaten beberapa hari terakhir ini mengakibatkan gorong-gorong air yang berada di jalan DPU longsor. Akibatnya sebagian badan jalan yang menghubungkan ibu kota Karanganom – Ceper tepatnya di desa Teroso, Kecamatan Karanganom Klaten Jawa Tengah, ambles selebar 2X4 meter.  Kejadian Sabtu (23/1) sekitar pukul 14.30 tersebut  membuat arus lalu lintas terganggu. Dan untuk sementara kendaraan berat seperti truk  dilarang lewat.

Petugas BPBD dan sejumlah relawan langsung terjun ke TKP. Mereka melakukan pendataan serta pengamanan agar tidak terjadi longsor susulan. Sementara guna menjaga keselamatan pejalan kaki, petugas dibantu warga setempat memasang beberapa tanda peringatan termasuk peneranagan lampu dimalam hari.

“ Kondisi saluran air itu memang sudah tua dan rapuh mas. Apalaagi beberapa hri ini hujan turun angat lebat, sehingga tanah sekitar saluran tergerus dan akhirnya mengakibatakan longsor”, ujar Gatot salah satu warga setempat.
Jalan hanya bisa dilewati kendaraan roda 2
Sementara itu Kepala Desa Teroso Suratno menjelaskan kondisi gorong-gorong yang melintang dibawah jalan PU memang sudah berumur tua dan saatnya diganti. Bangunan tersebut lanjut Suratno sudah ada sejak jaman Belanda. Sehingga terjadinya longsor karena faktor usia dan labil tanah sekitar karena tergerus air.

“Ini saluran air peninggalan jaman Belanda mas. Sehingga umurnya sudah ratusan tahun. Jika sekarang ambrol dan mengakibatkan amblesnya sebagian jalan diatasnya, saya kira wajar. Yang jelas warga telah melakukan langkah pengamanan guna mengantisipasi keselamatana para pengguna jalan. Misalnya memasang bambu atau pohon pisang sebagai peringatan”, tegasnya.(ita/red)
Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...