AJS Klaten Siap Lestarikan dan Budidayakan Jalak Suren.

Pengurus AJS Jalak Suren Klaten
KLATEN MATTANEWS.COM - Sekitar seratus lima puluh penangkar burung Jalak Suren Klaten berkumpul di Aula Dinas Pertanian, kegiatan tersebut di gelar AJS (Asosiasi Jalur Sukses) Klaten binaan Dinas pertanian Klaten, dalam bertukar pengalaman dan berbagi ilmu dalam penangkaran burung jalak suren. Selain itu juga digelar arisan burung dimana peserta yang namanya keluar akan medapat 10 ekor jalak Suren.

"Kegiatan ini merupaka ajang silaturohmi antar sesama penangkar burung. Dalam kegiatan Hal ini  peternak bisa saling tukar pengalaman dengan sesama anggota sehingga usaha yang mereka geluti semakin berkembang” Ujar Yusuf, salah satu anggota AJS Delanggu.

Asosiasi Jalur Sukses (AJS) merupakan kumpulan komunitas penangkar burung berdiri sejak tahu 2010. Berawal  dari 14 anggota, kini  sudah mencapai 300 peternak. Keberadaan AJS (Asosiasi Jalur Sukses) Klaten  menyebar di seluruh Klaten. Dari 26 kecamatan 20  sudah masuk nggota AJS, yang merupakan Korwil dalam menaungi penangkar burung di wilayah setempat.
Jalak Suren mulai langka dan diburu
Ketua AJS (Asosiasi Jalur Sukses) Klaten Siswanto, keberadaan AJS merupakan tangan panjang dari pemerintah dalam melestarikan burung yang sudah mulai punah  di habitat aslinya.“Selain penangkar burung jalak Suren, anggota AJS ada yang mengembangbiakan burung Cocak Rowo, Murai Batu dan Jalak Bali.

Menurut keterangan pria asal Jimbung, Kalikotes ini.  AJS Klaten selain sebagai komunitas penangkar burung, merupakan wadah yang melindungi  penangkar  terhadap ketatnya persaingan usaha ternak burung yang semakin banyak.“Dengan adanya assosiasi ini di harapkan sesama peternak burung saling berkomunikasi, sehingga harga burung dapat terkontrol dan tetap stabil” imbuhnya.
pertemuan rutin AJS sinambi tawarkan bibit unggul
Apa yang  di terangkan oleh Siswanto di benarkan oleh anggota AJS Klaten asal Sobrah Gede Buntalan Klaten Tengah Mahmudi. Dengan adanya asosiasi ini harga burung Jalak Suren cukup stabil. “Asosiasi ini cukup efektif dalam menciptakaniklim usaha yang kondusif antar peternak sehingga harga bisa stabil. Untuk itu kami berharap bagi yang belum menjadi anggota segera bergabung, karena sangat bermanfaat.”,ungkap Mahmudi.(hilda)

Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...