Salahi Bestek, Sigit Gatot B. Perintahkan PU Bongkar Trotoar di Jalan Ir Sukarno.

Trotoar Sepanjang jalan Ir Sukarno Kelurahan Buntalan
Klaten Mattanews.com - Dinas PU (Pekerjaan Umum) Klaten segera melayangkan surat pada CV.  Pilar Putra Rango Jakarta untuk pembokaran trotoar di jalan Ir. Sukarno tepatnya jalan sepanjang depan RSUD Bagas Waras Klaten yang di nilai tidak memenuhi ketentuan pekerjaan. Menurut Kabid Bina Marga PU Klaten Sumarno, rekanan yang mengerjakan proyek tersebut talah melanggar beberapa hal terkait pelaksanaan teknis pekerjaan dan spek, hal tersebut di temui oleh Sumarno saat melakukan pengecekan di lapangan

“secara jelas rekanan telah melanggar beberapa ketentuan baik berupa teknis maupaun adminstrasi, untuk itu kami akan segera melakukan pembokaran pekerjaan yang tidak memenuhi spek” ujar Sumarno.
Besi cor ukuran sepuluh dengan jarak anyaman 20 cm
Di jelaskan, pekerjaan dengan nilai sebesar 1,7 M tersebut di menangkan oleh CV. Pilar Putra Rango dari jakarta, untuk itu pihak PU meminta pada rekanan tersebut untuk menujuk penanggung jawab pekerjaan secara tertulis, hal itu di maksudkan untuk mempermudah komunikasi antara PU dan rekanan, namun hingga saat ini tidak di laksanakan, lebih lanjut Sumarno mengatakan, pekerjaan trotoar di atas saluran irigasi yang seharusnya di beton dengan tebal 10cm, dalam plaksanaan di lapangan ketebelan beton hanya 8cm.

Selain tebal beton yang menyalahi aturan. Penyimpangan juga dilakukan pada ukuran besi beton yang digunakan sebagai kerangka. Dalam spek pekerjaan bessi cor yang diharuskan berukuran 12 milli namun yang dipakai hanya besi ukuran 10. Sedang jarak anyaman juga menyalahi aturan karena renggang anyaman besi mencapai 15 sampai 20 centimeter. Indiksi ini semakin diperkuat karena pengecoran dilakukan malam hari dan tanpa ijin pemberitahuan pada pengawas.
Untuk mengelabuhi sisa cor dipasang besi ukuran 12
“setelah melalui rapat dengan tim, kami memutuskan untuk membongkar pekerjaan trotoar RSUD. Untuk langkah selanjutnya apabila pekerjaan tidak selesai sesuaia jadwal akan kita bicarakan lebih lanjut. Jika perlu kita putus kontrak” papar Sumarno Kabid Bina Marga Dinas PU Klaten.

Menanggapi adanya pekerjaan yang tidak sesuai di trotoar RSUD, Kabag Pembangunan Sigit Gatot yang juga selaku pengendali kegiatan menyatakan semua pekerjaan apabila tidak memenuhi standar baku yang telah di tentukan harus di bongkar.” Saya akan cek langsung, jika temuan benar, maka saat ini juga saya peri tahkan PU segera membuat suat dan melakukan pembongkaran”, tegasnya.
Surat peringatan yang dikeluarkan PU Klaten
Selain adanya temuan yang di peroleh Dinas PU, laporan masyarakat juga menjadi salah satu dasar unutk melakukan pembokaran, pasalnya temuan Dinas PU sejalan dengan laporan masyarakat. Sebelumnya, warga telah melaporkan penyimpangan pekerjaan yang di lakukan oleh CV.  Pilar Putra Rango  ke kantor Dinas PU.

Sementara pihak kontraktor saat ditemui membantah telah melakukan penyimpangan. Bahkan memerintahkan wartawan yang melakukan investigasi untuk membongkar.”Silahkan bongkar saja mas jika tidak percaya”, ujarnya.(tim)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...