Rp 3,5 Milliar Untuk Tanggulangi Bencana Di Klaten

Apel Siaga Tim Reasi Cepat BPBD Klaten
KLATEN
MATTANEWS.COM -Antisipasi terjadinya bencana diwilayah Klaten pada musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mengukuhkan  44 Tim Reaksi Cepat (TRC). Sebelum dikukuhkan, para relawan tersebut terlebih dahulu diberikan pembekalan selama 3 hari.

Keberadaan TRC tersebut  sebagai bentuk kewaspadaan dini dalam penanggulangan bencana. Mereka harus tampil teringginas, tangkas, cepat dan tanggap. Untuk itu sebelum kita kukuhkan tim ini kita gembleng dahulu selama 3 hari guna meningkatkan profesionalisme mereka Demikian dijelasnya pejabat Bupati Klaten Drs Joko Sawaldi kepada wartawan.

Menurut Jaka,  Kabupaten Klaten merupakan daerah yang memiliki resiko bencana tinggi, seperti erupsi merapi, banjir dan tanah longsor. Peran TRC BPBD sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. “Resiko kerugian akibat bencana seperti material, rumah, maupun nyawa manusia sehingga dapat ditekan,” terangnya, Rabu(31/12).

Ditambahkan dia, untuk menghadapi puncak musim hujan yang diperkirakan pada  Januari-Pebruari ini diharapkan menjadi kewaspadaan bagi  para relawan BPBD. Pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran untuk penanggulangan bencana dari APBD  2015 sebesar Rp 3,5 miliar,” tambahnya.

Menurut Bupati, jika masih kurang anggaran, nantinya akan dialokasikan dalam APBD perubahan.  “Musibah tidak tidak bisa diketahui sebelumnya, bisa saja datang secara tiba-tiba,” terang dia. (ono).



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...