Penyandang HIV di Klaten Tinggi.Capai 368.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Cahyono berikan penjelasan tentang HIV
KLATEN MATTANEWS.COM - Sebanyak 368 angka penyadang Human Immunodeficiency Virus (HIV).  Angka tersebut berdasarkan, minimnya kesadaran masyarakat untuk mendapatkan sosialisasi tentang bahaya AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan pencegahanya.

Pengiat KPA Klaten, Amin Bagus Panuntun mengatakan, hubungan lawan jenis (seksual) menjadi penyebab utama menularnnya penyakit HIV. Sebagai antisipasi, tidak melakukan sek bebas.

“Untuk menekan angka tersebut kami sudah melakukan sosialisasi dan membagikan kondom tersebut disejumlah outlet seperti di Baben, Pedan, Ceper, Pluneng, Delanggu dan Klaten Kota,”ungkapnya anggota Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) ( (kepada wartawan, Senin(28/12) siang.

Alat kontrasepsi tersebut, kata Amin, dibagikan setiap bulan sekali dan selama setahun menargetkan sebanyak 19 pis kondom di Klaten.  “Kami juga melakukan sosialisasi melalui sekolah dan kampus,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Dukunngan Sebaya (KDS) Rio S mengakui bahwa angka penyadang HIV di Klaten cukup tinggi bila dibanding dengan kota lain.

“Saat ini yang kami dampingi sebanyak 40 an orang,” kata Rio saat ditemui di acara sosialisasi prilaku sehat awal pencegahan HIV dan AIDS di Pendopo Pemkab Klaten bersama penyandang HIV, pelajar, Mahasiswa dan SKPD.   (ono).


Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...