Minim Petugas, Truk Galian C Terobos Jalur Hancurkan jalan.

Truk galian C dengan muatan rata rata seberat 10 ton
KLATEN MATTANEWS.COM - Maraknya penambangan liar di wilayah Klaten, Pj Bupati Klaten Jaka Sawaldi mengaku  Pemerintah Klaten hanya bisa melarang  para pengangkut material yang menerobos jalur yang  sudah  ditentukan. Sementara masalah perijinan semua ada di tangan Gubernur. Sehingga untuk untuk penanganan masalah ini memang harus melalui tim terpadu antara Pemda dan Propinsi.

“Kalau soal izin galian C itu kan lewat Gubernur, kami hanya bisa menekan truk-truk pengangkut material dari galian C  yang  tidak lewat pada jalurnya, karena mengakibatkan hancurnya jalan yang dilewati.  ”ungkapnya kepada sejumlah wartawan, Rabu(30/12) siang  dalam acara pengukuhan tim relawan di BPBD Klaten.
Drs Joko Sawaldi Pejabat Bupati Klaten
Menurut dia, permasalahan saat ini yakni, minimnya anggota Dinas Perhubungan (Dishub) yang diterjunkan kelapangan untuk merazia truk pengangkut material dari galian C itu. Dan itu menjadi penyebab utama.  “Yang menerobos banyak, yang mengawasi sedikit,” kata Jaka.

Sebenarnya, lanjut Jaka, rambu-rambu sudah banyak, namun mereka masih tetap melanggarnya.  “Terkait hal ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” terang dia.

Terkait hal itu, Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo  mengatakan, kalau memang  ada galian C yang tidak memiliki izin resmi, jajaran kepolisian Polres Klaten siap melakukan penindakan sesuai hukum yang ada. “Kalau masyarakat mengetahui yang tidak memiliki izin tolong laporkan kepada kami, kami tidak segan-segan bagi penambangan liar tersebut,” tegas Kapolres. (ono).         



Share on Google Plus

Salam mattanews com

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...