Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel, Simak Penjelasan Ini

Simaklah penjelasan dari yang berkompeten tentang Lokomotif Kereta Api kereta api berikut ini.
Pada Rangkaian Gerbong Kereta Api (KA) setidaknya ada 3 bagian penting yaitu:
  1. Lokomotif
  2. Gerbong Penumpang
  3. Restorasi, dll
Pada lokomotif ada bagian penting yang bernama Boggie (roda kereta). Komponen utama Boggie adalah dinamo, yang seperti kita ketahui dinamo KA ini mempunyai magnet yang sangat kuat. Terutama lokomotif yang berseri CC. Lokomotif dengan jenis/kelas CC ini mempunyai arti Loko tersebut mempunyai 3 rangkaian Boggie (ini berarti Loko tersebut mempunyai 6 buah dinamo besar). Itulah yang membuat Loko ini mempunyai daya magnet yang sangat besar.
Rel KA kita terbuat dari besi baja. Dengan demikian rel ini mempunyai kemampuan menghantar daya magnet. Nah, hantaran daya magnet lokomotif ini mampu menimbulkan medan magnet sampai sejauh 1 Km dari posisi Lokomotif berada.

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk oper persnelling ke yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Apabila ada kendaraan yang tetap nekad menerobos lintasan, dimana KA yang akan lewat itu berjarak kurang dr 1 Km dari perlintasan, maka kendaraan tesebut akan terpengaruh oleh medan magnet KA. Hal ini bisa mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah tiba-tiba mati dan mobil macet (karena kuatnya medan magnet loko KA tadi). Kalau sudah begini biasanya mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan kembali.

Untuk itu sebaiknya jangan melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan untuk menghindari bahaya. Ingat KA sulit untuk berhenti mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem.
(Bagas Senoadji / PPNS Perkeretaapian,
nichozblog.com; editor mr.g-red)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...