Rayakan Ultah Ke 14. UPK Yaa-Qowiyu Berbagi Rasa.

Penyerahan kenangan pada warga.
Klaten Mattanews.com
- Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional, Selasa (10/10) UPK Yaa-Qowiyyu Desa Bonyokan Kec. Jatinom Kab. Klaten beserta seluruh komponennya yang terdiri pelaku tingkat kecamatan, desa/kelurahan serta anggota kelompok UEP-SPP mengadakan serangkaian kegiatan sebagai ungkapan rasa syukur ulang tahun ke-14.

Dalam sambutannya, Manager UPK DAPM Yaa-Qowiyyu, Dwi Purnomo, SH menjelaskan  Selain untuk menghormati jasa-jasa pahlawan sekaligus untuk merayakan hari kelahiran UPK Yaa-Qowiyyu. Adapun rangkaian kegiatan pada tahun ini diawali dengan Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan, Jalan Santai yang diikuti ± 750 orang dari unsur Perangkat Kecamatan, Perangkat Desa/Kelurahan, Anggota Kelompok UEP-SPP serta masyarakat umum sekitar, serta realisasi Dana Sosial Surplus UPK Tahun Anggaran 2014.

Lebih lanjut, Dwi Purnomo menjelaskan penyerahan Dana Sosial Surplus UPK 
pada dasarnya merupakan bentuk ibadah / shodaqoh dari kelompok UEP-SPP kepada masyarakat kurang mampu. “Dana sosial tahun ini dialokasikan untuk membantu rehab rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit dan pembuatan sumur bor 1 unit senilai Rp. 178.062.500.
Ketua UPK Dwi Purnomo SH memberi sambutan
Jadi Rekap Dana Sosial yang telah dihasilkan sampai tahun 2014 adalah untuk Rehab RTLH sebanyak 114 unit, Pembuatan Sumur Bor + Tower Air Bersih sebanyak 1 unit, Peternakan (kambing + unggas) sebanyak 720 ekor, Peralatan Ketrampilan & Pertukangan sebanyak 8 paket, Macam-macam Gerobak sebanyak sebanyak 46 buah, serta Bantuan Bencana Alam, Rekap total nilai Dana Sosial sampai 2014 adalah Rp. 798.065.000,” jelas Dwi Purnomo disela-sela kegiatan.

Dwi juga berharap program PNPM MPd telah bergulir selama 15 tahun  dan telah berakhir wajib terus dilestarikan & dikembangkan sebagai dana amanah pemberdayaan masyarakat. Untuk itu pasca program kelembagaan pengelola dana UEP-SPP perlu legalitas negara. Kaitannya dengan legalitas tersebut atas dasar amanat Kesepakatan Bersama KepDes / Kel tanggal 26 Mei 2015 maka Kelembagaan Jatinom telah mendapat pengesahan Menteri Hukum dan HAM No. AHU – 0013052.AN.01.07 Tahun 2015 dengan bentuk Perkumpulan Berbadan Hukum (PBH).

Dengan adanya pengesahan Menteri Hukum dan HAM, Dwi berharap legalitas tersebut mampu melestarikan & mengembangkan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat guna kemandirian masyarakat Kecamatan Jatinom. Tidak lupa Dwi mengucapkan terimakasih kepada Bupati Klaten, Sunarna,SE. M.Hum yang telah membina PNPM MPd Kab. Klaten dengan baik, dan BPD Capem Jatinom serta KUD Jatinom yang telah membantu kegiatan ini, dan tidak lupa kepada Bpk/Ibu Kepala Desa/Kel serta anggota kelompok UEP-SPP yang telah membesarkan UPK Yaa-Qowiyyu.(rocky)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...