Disaat Lesu, Festival Batu Akik Memperebutkan Trofi Bupati Klaten Digelar Di GGE Klaten.

Bupati tinjau stand batu mulia
Klaten Mattanews.com - Di tengah–tengah kelesuan penjualan batu akik yang semakin hari kian menurun, komunitas kolektor dan penggemar batu akik Klaten menggelar pameran dan kontes batu akik nusantara di kompleks pabrik gula Gondang Baru, Kamis (19/11). Kontes yang memperebutkan piala bupati dan uang tunai juatan rupiah serta 1 unit sepeda motor  untuk juara umum, akan terbagi dalam 18 katagori lomba. Acara tersebut di buka langsung oleh bupati Klaten H. Sunarno  S.H Mhum.

Gondang Gemstone Expo (GGE) merupakan putaran pertama dari tiga rangkain acara yang akan di gelar, untuk kontes yang kedua rencananya akan di laksanakan di Solo dan untuk yang ke tiga akan kembali di gelar di kompleks Pabrik gula Gondang Baru, dan untuk kontes yang ke tiga rencananya akan memperebutkan satu unit mobil. Hal tersebut di ungkapkan oleh salah satu pantia kegiatan, Joko Indarto Heri Sulistio.

“Pameran dan kontes batu nusantara mentargetkan sekitar 400 hingga 500 peserta dalam 18 katagori lomba, dan ini merupakan satu dari 3 rangkaian acara yang akan di gelar oleh GGE (Gondang Gemstone Expo). Untuk yang ke tiga rencananya akan di selenggarakan di sini (kompleks pabrik gula Gondang Baru) dengan memprebutkan 1 unit mobil untuk juara umum.” Ujar Joko Indarto.
Bupati Klaten H.Sunarno SE.Mhum serahkan trophi bergilir
Menanggapi tentang kelesuan penjualan batu akik belakangan ini menurut Joko, penyebab utamanya adalah karena pelaku usaha sendiri yang kurang menjaga kondisifitas pasar, yaitu dengan mengobral harga batu akik.

Terkait dengan pameran dan kontes batu akik nusantara, bupati Klaten sangat mendukung. Hal tersebut merupakan bentuk dari kegiatan ekonomi kreatif masyarakat yang akan mengakat geliat ekonomi masyarakat Klaten. Hal itu di nyatakan bupati Klaten dalam sambutannya.

Di sisi lain, semakin lesunya penjualan batu akik menurut Supri atau yang biasa di sapa Jimbling salah satu pemilik stan batu akik di pameran GGE  menuturkan, perlunya inovasi-inovasi baru agar perfoma penjulan batu akik kembali moncer seperti beberapa waktu lalu.“Untuk mengembalikan greget penjualan batu akik seperti kemarin, di butuh sebuah inovasi untuk menarik kembali pencinta batu akik” ujar Jimbling.(hil/lala)



Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...