Bupati Klaten Serahkan BSPS Sebesar Rp 13,39 M pada MBR Bayat.

Bupati Klaten H. Sunarno tinjau pembangunan rumah sederhana
Klaten Mattanews.com - Rabu (04/11) Bupati Klaten H Sunarno menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2015 sebesar Rp. 13,39 milyar kepada 897 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah kecamatan Bayat. Bantuan berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI  (KemenPU dan PR RI ) pusat itu, diserahkan secara simbolis kepada 10 perwakilan penerima di desa Ngerangan .


Kepala Dinas PU dan ESDM Klaten H Abdul Mursid mengatakan, berdasarkan hasil pendataan Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 di Klaten terdapat 29.933 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sampai dengan tahun 2015 telah dipihaki menggunakan berbagai sumber dana, baik APBN, APBD Propinsi, APBD Kabupaten dan sumber yang lain sebanyak 13.128 unit sehingga masih terdapat sebanyak 16.805 unit yang belum terseleseikan.

Hubungannya dengan BSPS tahun 2015, Abdul Mursid mengemukakan, telah mengusulkan sebanyak 931 MBR untuk mendapatkan bantuan pemugaran RTLH, namun setelah verifikasi oleh fasilitator angka tersebut tinggal 897 penerima bantuan. Mereka berasal dari dari desa Ngerangan 298 unit, Jotangan 183 unit, Jarum 149 unit, Banyuripan 109 unit, Dukuh 106 unit dan Krikilan 54 unit. “ Angka tersebut 13 unit mendapaatkan bantuan @ Rp 10 juta, dan 884 unit mendapat bantuan Rp 15 juta “ terangnya.
Bupati serahkan bantuan pada warga Bayat Klaten
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KemenPU Puji Astuti mengemukakan, bantuan perumahan yang diberikan ada dua jenis yakni model Aladin (Atap Lantai Dinding) masing-masing mendapat Rp 15 juta, Atap dan dinding atau lantai dan dinding (dua macam) masing-masing Rp 10 juta. “ Bantuan diberikan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah, tetapi harus menyiapkan swadaya untuk pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan tepat waktu dan tepat sasaran“ tandas Puji.

Bupati Klaten H Sunarno mengatakan, BSPS diberikan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena dengan dibangunnya rumah tersebut kesehatan juga meningkat. “ Rumah dibangun dengan pintu dan jendela serta lantai yang memenuhi syarat kesehatan agar penghuninya selalu sehat”, ujarnya.(lala/red)







Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...