Buah Tin, Tanaman Dengan Nilai Ekonomis Tinggi

Bagi penggemar buah, munculnya buah baru mesti membuatnya ingin segera mencicipi. Sebenarnya sudah agak lama sih, cuma di Indonesia masih agak jarang.

Nama buah ini Tin atau ara, buah ini banyak jenisnya, bisa juga beda nama ditempat yang lain, misal di Amerika, Turki, Prancis, Saudi Arabia, Italia, Palestina, Bethlehem, Yordania punya nama yang berbeda-beda. Dari Yordania, contohnya ada Green Yordan dan Purple Yordan. Jenis Green Yordan paling mudah ditangkarkan di Indonesia.

Rasanya juga beda-beda, ada yang manis banget, ada yang manis rada kecut, ada yang empuk, ada pula yang agak ‘masir’. Paling enak buah ini dimakan waktu habis dipanen, masih segar, meski kalau mau disimpan sih bisa juga, kira–kira penyimpanan 3 hari masih bagus.
Daun buah tin ini bisa dibuat teh, caranya: daun dicuci bersih kemudian dijemur sampai kering. Selanjutnya tinggal direndam dalam air panas, dan menjadi teh.

Budidaya tanaman ini mempunyai 2 manfaat:
1. manfaat bagi kesehatan

Buah tin ini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, konsumsi yang teratur akan membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Ara juga membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), itu karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi.

2. manfaat ekonomi
Pemeliharaan pohon tin/ara bisa dilakukan didalam pot, jadi tidak harus diarea yang luas. Ia juga butuh sinar matahari yang cukup dan air yang cukup pula. Tiap pagi disiram sudah cukup. Daunnya cukup kuat sehingga tidak gampang berguguran. Hasil cangkok dengan tinggi sekita 1 meter bisa laku 1 juta-an.
(Dari berbagai sumber-g)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...