Awas Gangguan Ransomware ..

Ransomware, semacam program malware yang sangat berbahaya bagi keamanan data pekerjaan anda. Secara umum malware (awam=virus) ini bekerja dengan cara meng-enkripsi file/data. Data yang sudah dienkripsi oleh "Ransomware" ini hampir pasti tidak dapat dikembalikan seperti semula, kecuali oleh si pembuat malware ini. Kebanyakan kita tidak tahu bagaimana cara melindungi data kita, karena antivirus yang biasa kita gunakan nampak tak berdaya. Karenanya hati-hati dan waspadalah.. waspadalah dalam ber-internet.

Ransomware tergolong program jahat yang mampu melakukan enkripsi paksa semua file anda, dan biasanya file-file Office, rar/zip, JPG. Untuk memecahkan enkripsi-nya dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi programer biasa. Edian nggak? Kata orang jauh lebih kuat dibanding enkripsi-nya WinZIP dan WinRAR. Dengan demikian sekali data anda kena, maka tak ada cara lain selain anda harus membayar "ransom" kepada hacker-nya. Dan muahal tentunya.

Anti virus biasa (versi-versi lama) masih keteteran menghadapi malware ini. Ada semacam antivirus yang cukup serius berusaha menanggulangi 'ransomware' ini. CryptoPrevent agaknya cocok dengan iklim di Indonesia yang maunya serba gratisan. Segala jenis Windows, dari XP hingga Windows 10 bisa menggunakan CryptoPrevent. Selain ransomware, program ini juga bisa memblokir malware lain. Cara pakainya pun sangat mudah. Tinggal tekan settingnya selesai. Yang pengin bayar juga ada versi premium, gratis dan premium sebenarnya cuma beda tipis, yaitu versi premium bisa update otomatis dan ada pilihan lebih dalam hal setting.
Ransomeware ada beberapa jenis. CryptoPrevent mampu menghalangi ransomware versi lama dan versi baru, dengan setting Maximum Protection + Program Filtering (tapi kita harus ingat tak ada yang sempurna di dunia software komputer).
Nah, hati-hati bagi yang suka kerja sambil main game,  The TeslaCrypt 2.0 ransomware family is notable for targeting games-related files, as well as the usual documents. Pada vesi terbarunya lebih kuat dan lebih berbahaya. Waspadalah...  (gsh)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...