800 Pelajar Klaten, Ikuti Jambore Siaga Bencana.

Generasi muda bertanggung jawab
Klaten Mattanews.com- Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana di gelar BPBD Kabupaten Klaten, Selasa (27/10) di Pendopo kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Kegiatan di kemas dengan tajuk jambore Sekolah Siaga Bencana  di ikuti oleh 800 pelajar dari 40 sekolah siaga bencana se-Kabupaten Klaten.

Kegiatan jambore di awali  dengan simulasi bencana apel siaga bencana. Serta penandatangan kerjasama antara BPBD dengan Dinas Pendidikan terkait peluncuran ekstra kulikuler mitigasi bencana bagi SMU/SMK sedrajat.

Kabid pencegahan dan kesiap siagaan bencana BPBD Kabupaten Klaten, Budi Prasetyo, mengatakan, Jambore Sekolah siaga bencana bertujuan menunjukkan kemampuan serta kesiapan pelajar dalam penangulangan bencana. Dengan kegiatan jambore di harapkan mampu meningkatkan kapasitas pelajar dalam penangulangan bencana.“Dengan tema “Kami Punya Kapasitas” di harapkan pelajar akan lebih siap untuk ikut berperan dalam penanganan resiko bencana ketika di butuhkan” Ujarnya.
Generasi penerus yang memiliki jiwa nasionalisme sejati
Terkait, Asisten Administrasi Sri Winata, mantan orang nomer satu BPBD Klaten, pada kesempatan tersebut menjelaskan kerjasama antara BPBD dan Dinas Pendidikan sesuai dengan Peraturan Bupati Klaten Nomor 7 tahun 2014 tentang Pedoman pembelajaran Kebencanaan di Klaten. Untuk menyiapkan sekolah berbasis mitigasi bencana.

“Adanya sekolah Siaga bencana, merupakan saran untuk membekali siswa dengan berbagai pengetahuan terkait penanganan, dan cara bertindak saat mnghadapi bencana” jelasnya.
Remaja putri tangguh harapan bangsa
Sementara wakil Bupati Klaten Hajah Sri Hartini dihadapan pelajar merasa bangga dengan generasi muda Klaten yang suda memiliki jiwa dan tanggung jawab tinggi terhadap masalah sosial dan kemanusiaan. Generasi seperti inilah yang menurut wakil Bupati akan menjadi generasi penerus bangsa yang dapat meneruskan perjuangan para pahlawan untuk membawa kejayaan bangsa.

“Saya bangga dan salut pada pelajar dan genarasi muda Klaten yang memiliki kepekaan sosial tinggi. Memiliki jiwa dan semangat kemanusiaan dan gotong royong besar terhadap kepedulian pada sesama. Saya menaruh harapan besar pada kalian semua. Kalian adalah genarsi emas penerus bangsa dalam mengemban dan melanjutkan tanggung jawab terhadap kejayaan bangsa ini”, tegasnya.(lala/red)

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...