Server Rusak. Sementara Rekam KTP Menggunakan Cara Manual.

Widya Sutrisna Ka Dukcapil Klaten
Klaten. Mattanews.com -  Server guna perekaman dan pengiriman KTP di Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Klaten sudah beberapa hari mengalami kerusakan. Hal ini membuat perekaman data KTP untuk sementara menggunakan cara manual. Sementara produksi KTP yang semula bisa dilayani hingga 50 keping menurun menjadi 25 keping. Hal ini juga disebabkan terlambatnya pengiriman keping KTP dari pusat.

Bagi masyarakat yang ingin segera memiliki KTP, untuk sementara akan dibuatkan surat keterangan sementara pengganti KTP, hingga proses pembuatan KTP normal kembali. Namun demikian ada beberapa kreteria yang bisa dibuatkan KTP jika memang untuk keperluan yang mendesak dan sifatnya darurat. Misalnya, untuk proses pengangkatan pegawai, masuk Sekolah, keluar negeri, atau untuk mendapat layanan kesehataan. Itupun jumlahnya sangat terbatas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Klaten Widya Sutrisna menjelaskan kerusakan server dari pusat sudah terjadi beberapa waktu lalu. Guna tetap memberi layanan pada masyarakat pihaknya terus menerima pembuatan KTP, namun pengerjaanya menggunakan cara manual. Dimana semua data ditulis, direkam dan dicetak.  Nanti jika kerusakan sudah diperbaiki data tersebut tinggal mengirim ke pusat. Karena jika tidak di siasati dengan cara itu kasihan warga yang membutuhkan.
Proses perekaman data KTP
“ Saya minta warga bisa memahami dan sabar. Karena ada kerusakan, sehingga pelayanan tidak bisa maksimal.Kita tidak mengirim data ke pusat. Namun demikian kita akan tetap melayani warga sebaik mungkin dan seoptimal mungkin”, ujarnya.

Dalam kondisi normal rekam KTP sehari bisa mencapai 50 keping. Namun saat ini hanya bisa terlayani 25 keping/hari. Dalam kondisi normal KTP bisa terlayani dalam waktu satu hari jadi. Sementara hingga saat ini di Dukcapil Klaten masih ada sekitar 1000 tunggakan KTP yang belum tergarap. Hal ini terjadi karena terbatasnya pasokan keping KTP dari pusat.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...