Klaten Miliki TPA Sampah Terpanjang Se Dunia. DPU Klaten Tak Berkutik Tangani Sampah.

Pemandangan seperti ini dapat kita jumpai di mana saja
Klaten Mattanews.com – Sampah Di Klaten kembali membuat gaduh masyarakat Klaten Jawa Tengah. Penutupan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah di Desa Jomboran Kalikotes membawa dampak kekotroran luar biasa di Klaten. Sementara TPA Joho di Prambanan tidak mampu maksimal menampung produksi sampah di Klaten. Akibatnya Klaten kini memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah terpanjang di Dunia, yakni disepanjang jalan atau bantaran sungai yang ada di wilayah laten tak luput dari buangan sampah.

Pemandangan sampah yang menggunung banyak kita temui disepanjang tepi jalana, terutama jalan yang berdekatan dengan sungai atau berada ditengah persawahan. Di sudut sudut perkampungan di wilayah Klaten kini sudah penuh dengan sampah. Pinggir sungai sudah berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah akhir dengan bau busuk yang menyengat.
Gunung Sampah Di TPA Jomboran yang diterlantarkan
Beberapa warga Klaten mengaku heran dengan sikap Pemda Klaten dalam hal ini dinas PU yang tidak berkutik ngurusi sampah. Banyak studi banding telah dilakukan termasuk kunjungan ke Jerman. Tapi hasilnya nol persen. Sehingga berita tentang penanganan sampah di Klaten hanya ngoyoworo.

“kalau memang PU sudah tidak bisa menangani sampah biar warga yang bekerja dengan caranya sendiri. Jangan salahkan jika warga membuah sampah disembarang tempat, karena memang tidak ada tempat pembuangan sampah yang layak”, ujar warga. (tev) 
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...