Ketoprak Pelajar SD Kristen III Klaten Pukau Warga Gemampir Karang Nongko Klaten..

Ketoprak pelajar yanag dimainkan siswa kelas VI SD Kristen III
Klaten Mattanews.com – Sebuah pagelaran klosal ketoprak pelajar yang dimainkan anak anak SD Kristen III Klaten membuat ratusan warga Desa Gemampir, kecamatan Karangnongko, Klaten Jawa Tengah terpukau dan berdecak kagum. Tata suara, akting,kostum serta alur cerita yang runtut dipadu selingan dagelan yang menghibur seakan lakon ketoprak yang mengambil cerita Sumpah palapa tersebut dimainkan oleh group ketoprak profesional.
Masih kecil namun sudah mahir nyinden
Bertempat dibalai Desa Gemampir Jum’at malam ( 18/6) sekitar 70 anak anak SD Kristen unjuk kebolehan dihadapan sekitar 500 warga setempat. Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan extra kulikuler SD Kristen III Klaten dalam program Winner, dimana semua siswa kelas VI diberi kesempatan belajar diluar selama satu minggu. Dalam program ini anak anak “dititipkan” kepada penduduk setempat untuk belajar hidup mandiri.
Hampir semua siswa bisa mainkan alat musik tradisional
Salah satu hasil positip program ini ialah terjalinnya kerjasama dan pertemanan yang erat antara para siswa SD Kristen dengan siswa SD Gemampir, dimana mereka bisa saling berinteraksi dan tukar pengalaman. Hal ini dapat dibutktikan dengan adanya pertunjukaan kesenian yang dimainkan secara bersama antara siswa SD Kristen dan SD Gemampir. Selama 3 hari anak anak dan guru dari SD Kristen berbagi ilmu dengan anak anak SD Gemampir tentang seni budaya, tari, kerawitan. Hasilnya hanya dalam waktu singkat anak anak Gemampir mampu menampilkan kebolehannya dibidang tarik suara, tari, dan kerawitan.     
Personil pendukung kethoprak
Kepala Desa Gemampir Sri Lestari SPd mengaku puas dan bangga atas prestasi yang dicapai oleh anak anak SD Gemampir yang mampu menyerap beberapa ilmu dari rekan rekanya SD Kristen III, khusussnya dibidang seni budaya dalam waktu singkat. Kedepan Sri Lestari berharap program seperti ini dapat ditindak lanjuti dan ditingkatkan lebih baik lagi.

“Saya beterima kasih kepada semua pihak khusunya SD Kriisten III yang telah melakukan winner di desa ini dan mampu menggunggah anak anak lebih cinta da mengenal pada budaya leluhur yakni seni kerawitan, ketoprak dan tari konterporer”, ujarnya.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...