Kemalang Rawan Air dan Puting Beliung. Jual Motor untuk minum Sapi.

Camat Kemalang Priharsanto berbagi air dengan warganya

Klaten Mattanews.com -  Kecamatan Kemalang  masuk dalam kategori daerah rawan bencana juga masuk dalam kategori daerah tertinggal. Hal tersebut diungkapkan Camat Kemalang  Pri Harsanto disela bakti soial drooping air bersih di Desa Panggang, Kemalang, Selasa( 8/9/2015) siang.

“Atas berbagai potensi kerawanan tersebut memang Kemalang membutuhkan perhatian dari Pemerintah Daerah dan dari berbagai pihak,”jelasnya.

Lebih lanjut Priharsanto menjelaskan,  potensi kerawanan yang ada di Kecamatan Kemalang meliputi kerawanan musibah angin puting beliung, kawasan rawan bencana erupsi merapi dan daerah rawan air bersih.  Untuk krisis air bersih sendiri   secara makro hampir menyeluruh di wilayah Kecamatan Kemalang . Dari 12 desa,  hampir 80 persen mengalami kekeringan.

Banyak bantuan air bersih datang dari pemerintah atau swast. Kali ini dapat bantuan air bersih dari (RSCH)Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.Pihaknya, berharap bantuan air bersih kepada warganya itu tidak hanya bersifat sementara. Sebab, selama ini yang dialami oleh warga Kemalang kekurangan air bersih itu sifatnya permanen. “Kami mengharapkan ada  kerjasama dengan PDAM agar dapat mengelola sumber air yang ada untuk warga disini,” harapnya.

Sementara, Manager HRD RSCH Klaten Edy Wiratmae mengatakan selain menyasar pada kebutuhan warga , program sosial ini juga mengarah pada sekolah - sekolah yang ternyata juga membutuhkan pasokan air bersih.“Kalau kami lihat memang daerah sini kekurangan air bersih, apalagi yang dialami pada sekolahan. Kondisi ini akan kami evaluasi agar kegiatan sosial yang merupakan peneguhan dari komitmen pelayanan RSCH terhadap masyarakat,” tungkasnya.

Sementara itu sulitnya mendapatkkan air bersih karena kemarau yang cukup panjang banyak warga yang mulai menjual motor atau harta yang lain untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari hari. Mereka rela menjual apa yang dimilik demi memberi minum sapi piaraanya. 1 tangki air hanya cukup untuk keperluan 2 minggu. (son/red3).

Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...