Camat Dan Kepala Desa Se Kab Klaten Di "WEJANG" Urusan Tanah.

Penyerahan sertifikat secara simbolis oleh kepala BPN Klaten Cahyono
KLATEN Mattanews.com - Sebanyak 401 Kepala Desa/Lurah dan Camat se-Kabupaten Klaten mengikuti sosialisasi pertanahan dalam rangka pelayanan administrasi pertanahan di Gedung Wongso Menggolo  Jalan Raya Klaten-Solo, Rabu (2/9). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Klaten.

Kepala BPN Kabupaten Klaten, Cahyono mengatakan, sosialisasi ini diadakan dengan maksud memberikan pemahaman serta wawasan kepada aparat Kecamatan dan Kelurahan terkait urusan pertanahan. “Ini memberikan pengetahuan fungsi surat-surat tanah sebagai dasar pendaftaran tanah dan hak-hak yang terkandung didalamnya serta memberi informasi pertanahan pemerintah,” ujarnya.
Kepala BPN Klaten Cahyono
Dikatakan, dalam mewujudkan kesadaran hukum dibidang pertanahan, setiap aparatur penyelenggara negara menyadari hak dan kewajibannya serta menghindari timbulnya sengketa/konflik kaitannya dengan masalah pertanahan.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho menghimbau kepada para kepala desa (Kades)/lurah dan camat agar menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi sengketa terkait tanah, baik tanah warisan maupun tanah tak bertuan.
 “Masyarakat harus mengetahui perlunya sertifikat tanah bagi yang belum bersertifikat, hal ini sangat penting. Sebab adanya sertifikat tersebut sebagai kekuatan hukum bagi pemiliknya,” jelasnya.      
Bambang Sigit Mbalak Sinugroho Asisten I Sekda Klaten
Bambang menambahkan, dengan sertifikat tentunya bisa menghindarkan sengketa pemilikan tanah dikemudian hari. Sertifikat resmi dari BPN senantiasa menghadirkan suasana kondusifitas. Selain itu, sertifikat tersebut juga bisa dijadikan jaminan modal usaha guna meningkatkan usaha untuk mengembangkan ekonomi.

 “Para Kades/Lurah dan Camat harus bisa menanggapi keluhan masyarakat terkait pertanahan, sehingga masalah tanah tersebut menjadi masalah yang tak sulit untuk diselesaikan,” tandasnya. (pras/red).
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...