40 Unit Unsur Relawan Klaten Dalam Kondisi Siap Siaga Amankan Bencana.

Tim Relawan penjinak Api
Klaten Mattanews.Com – “Sebuah kebakaran terjadi disebuah rumah karena kompor gas meledak. Sementara didalam banyak penghuni yang terjebak dalam jilatan api yang sudah mulai berkobar. Dalam hitungan detik tim relawan datang kelokasi dan melakukan penanganan. Pemadaman dan evakuasi korban yang terjebakpun berhasil dilakukan dengan selamat. Korban segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan”.

Itulah peragaan yang dilakukan oleh sekitar 40 unit relawan yang ada di Klaten yang beranggotakan sekitar 2000 personil. Tak hanya itu unjuk kebolehan juga dilakukan para siswa SMU yang dengan cepat dan tepat saat memperagakan adegan membuat tenda darurat ketika terjadi sebuah gempa berkekuatan 6,7 scala richter. Acara yang digelar dihalaman Pendopo Pemkab Klaten Selasa (8/9), bertajuk Bulan pegurangan resiko bencana dalam apel Siaga Relawan Klaten.
Relawan foto bersama
Selain melakukan apel dan menunjukkan kesiapan tim jika sewaktu waktu diperlukan, para unit Relawan yang ada juga mendapat bantuan peralatan dari kantor BPBD Klaten, seperti alat komikasi HT, Jas Hujan, Geraji senso, Sepatu boat dan lainnya. Pemberian ini bagian dari pemenuhan berbagai fasilitas operasi lapangan yang memang masih perlu mendapat perhatian.

“Ini bagaian dari apel kesigapan anggota relawan, dimana sewaktu waktu ada bencana atau kejadian darurat semua unsur Relawan di Klaten baik dari Orari, Semut Geni, Setkom, Tagana, Rescue Timur,PMI, TNI/Polri, dan semua unsur yang lain, dengan sigap dan cepat melakukan penanganan”, demikian ditegaskan Plt Kepala BPBD Klaten Bambang Sujarwo.
Foto dulua ah.. dengan calon Bupati Klaten
Sementara wakil Bupati Klaten Hajah Sri Hartini disela sela menerima ucapan selamat dari seluruh peserta apel mengaku bangga dengan sikap tanggap dan kepedulian seluruh anggota Relawan yang rela berjuang tanpa pamrih demi membantu dan menolong nyawa manusia. Sikap dan sifat ini hendaknya dapat selalu ditanamkan pada setiap anggota relawan. Berjuang tanpa pamrih demi nyawa manausia.
Pak Ndandimpun menjadi idola relawan Klaten
“Saya bangga dan terima kasih kepada seluruh anggota relawan Klaten dan semua unsur lainnya yang begitu loyal dan berdedikasi tinggi dalam perjuangannya membela serta membantu sesama. Kecintaan, kebanggaan pada tugas sosial dan kemanusiaan ini hendaknya dapat dipegang teguh dan diperhatikan. Karena perjuangan relawan sangat diharapkan dan selalu ditunggu kahadirannya oleh saudara kita yang membutuhkan”, tegasnya. (tev)    
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...