17 Sekolah di Klaten Ikuti Festival Ketoprak Pelajar, Di Gedung Baru Bertata lampu dan panggung Modern.

Anak anak SMKN II Klaten dengan lakon Keris Empu Gandring.
Klaten Mattanews.com -  Festival kethoprak pelajar kembali di gelar Amigo Peduli Budaya. Bertempat di gedung baru bertata lampu dan dekorasi modern yang berada di SD Kristen III Klaten, akan tampil 17 group khetoprak SMU/SMK di Klaten memperebutkan Piala Bupati Klaten 2015. Festival yang akan digelar mulai tanggal 4 – 6 September ini akan dibuka langsung Bupati Klaten H. Sunarno SE di dampingi wakil Bupati Hajah Sri Hartini.

Festival khetoprak pelajar di Klaten akhir akhir ini menunjukkan tren positif dimana setiap tahun  pesertanya selalu meningkat. Sejak digelar tahun 2009 dengan 4 peserta, gerakan Amigo group dalam melestarikan budaya leluhur ini ternyata mendapat respon masyarakat yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari jumlaah peserta yang tiap tahunya selalu meningkat. Mulai dari 4 peserta naik menjadi 9 peserta, tahun lalu 13 peserta dan kini 17 peserta. Ini Bukti generasi muda Klaten saat ini mulai sadar dan peduli dengan budaya kita, budaya leluhur yang memiliki nilai dan ajaran budi pekerti yang luhur.  
Group kerawitan pendukung acara
Amigo Group dibawah komanda sang jendral menejernya Edy Sulistyanto memang tak pernah lepas dari budaya Jawa. Pemilik Amigo Group ini memiliki kepedulian dan perhatian sangat tinggi terhadap kelestarian budaya Jawa, sehingga ditengah kesibukannya mengurus bisnis, waktunya habis hanya untuk memikirkan kemajuan dan kelestarian budaya peninggalan nenek moyang. 

Sebuah gedung baru bertata lampu dan panggung modern usai dibangun. Gedung kesenian yang berada di SD Kristen III Klaten ini, bagian dari kecintaan dan kepedulian Amigo terhadap budaya lokal. Walau berada di SD Kristen, keberadan gedung ini tidak memiliki muatan politis atau sara. Kepedulian Amigo dalam dunia seni budaya lepas dari intervesi politik, agama atau partai. Jika kebetulan gedung ini ada di SD Kristen III, karena kebetulan saja Edy Sulistyanto adalah alumnus SD tersebut dan kini dengan teman teman alumunus yang lain bergandeng tangan membuat sesuatu untuk rakyat Klaten melalui seni dan budaya.
Edy Sulistyanto(owner Amigo) Penggagas Nguri Budaya Jawa Klaten
“ Misi utama kita adalah nguri-uri budaya dan seni tradisional agar tetap lestari dan tidak dilupakan generasi muda. Kita tidak punya tendesi apa apa dengan kegiatan ini. Politik, sara, partai jauh dari misi kita. Kita fokus pada budaya dan kerja keras kita, mulai terasa dimana peserta festival mengalami peningkatan yang lumayan baik”, ujar sang penggagas dan inisiator Edy Sulistyanto yang juga owner Amigo Group ini.
Siswa SMKN II Klaten sebelum pentas
Mulai 4 September nanti 17 group khetoprak pelajar akan tampil dan unjuk kebolehan di gedung baru ini. Beberapa yuri profesional dan pakar di bidangnya akan menilai kebolehan mereka. Sebut saja Ki. Widayat, Tokoh ketoprak sepanjang masa dari Yogyakarta. Ki. St Wiyono,S.Kar dari Surakarta dan Ki Djupriyono dari Klaten. Mereka akan menampilkan berbagai certa da lakon yang semua berseting kerajaan yang dulu ada di bumi Nusantara.
Komarudin dan Ibu Rima guru pembimbing dan siswi
Sebelum di gunakan secara resmi tampak anaka anak SMK Negeri II Klaten mencoba kecanggihan gedung baru   ini. Dibawah komando sang guru pembimbing bapak Komarudin dan Ibu Rima, anak anak SMKN II Klaten tampak trampil menampilkan senukil adegan Pangeran Anusopati dalam lakon Keris Empu Gandring yang berlatar belakang sejarah Kerajaan Singosari.(tev)
Share on Google Plus

Salam mattanes

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan dengan menyertakan identitas tentu akan lebih berharga...